Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok pada Cowok serta Cara Ngatasinnya

Kamis, 13 Januari 2022 | 19:23
kompas.com

Ilustrasi kerontokan rambut pada cowok.

HAI-Online.com – Kerontokan rambut merupakan salah satu momok menakutkan bagi sebagian besarcowok.Kebanyakan penyebab rambut rontok pada cowok berasal dari faktor genetik yang diturunkan orangtua.

Meski begitu, ada beberapa hal di luar faktor alami ini yang menyebabkan cowok merasakan rambut rontok parah sampai botak.

Sekitar dua per tiga cowok biasanya mengalami rambut rontok ketika usianya sudah menginjak pertengahan 30 tahunan.

Nah tanpa dukungan perawatan yang tepat, nggak menutup kemungkinan cowok jadi botak karena rambut rontok berlebihan.

Biar lebih paham,pelajari yuk, penyebab umum rambut rontok pada cowoksekaligus langkah mengatasinya.

Baca Juga: Nemu Uban di Rambut Padahal Masih Muda? Ini Alasan Lo Nggak Perlu Mencabutnya

MerangkumVerywell Health,terdapatsejumlah penyebab rambut rontok pada cowok, yang meliputi:

  1. Efek samping operasi atau penyakit berat
Setelah menjalani operasi besar atau pulih dari penyakit berat seperti Covid-19, sebagian orang mengalami rambut rontok berlebihan. Kondisi ini dapat berlangsung beberapa minggu setelah operasi atau sakit.

  1. Efek samping obat tertentu
Beberapa jenis obat untuk mencegah pembekuan darah, obat kemoterapi untuk perawatan kanker, dan sejumlah obat antidepresan biasanya memiliki efek memicu rambut rontok.

  1. Perubahan hormon
Cowok memiliki hormon testosteron untuk mengontrol pertumbuhan otot sampai gairah seks. Ketika tubuh mengubah testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT), efeknya rambut bisa rontok berlebihan.

  1. Penyakit tiroid
Penyakit tiroid baik hipertiroid maupun hipotiroid juga bisa menyebabkan gejala rambut rontok. Hal ini disebabkan gangguan tiroid merangsang tubuh mengubah hormon testosteron menjadi dihidrotestosteron.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Blue Balls, Nyeri Testis yang Umum Dialami Cowok

  1. Stres
Banyak tekanan atau stres fisik dan mental juga bisa memicu rambut rontok berlebihan. Umumnya, rambut kembali normal dan nggak rontok lagi setelah stres terkendali.

  1. Penyakit autoimun
Penyakit autoimun alopecia areata menyebabkan folikel atau kantong kelenjar rambut rusak. Kondisi ini nggak hanya membuat rambut rontok di bagian kepala, tapi juga alis atau tempat lain yang ditumbuhi rambut.

  1. Infeksi jamur
Di luar kondisi di atas, penyebab rambut rontok pada cowok juga bisa berasal dari infeksi jamur yang menyerang kulit kepala.

Perlu diketahui, rambut rontok pada cowok yang nggak terkait faktor genetik umumnya bisa sembuh atau nggak permanen. Rambut dapat kembali normal setelah penyakit atau akar penyebab masalah diatasi.

Baca Juga: Rapi di Wajah, Wangi di Badan, Ini Dia 4 Tips Cowok buat Grooming Harian di Rumah

Gimana cara mengatasinya?

Perawatan yang tepat dapat membantu mengatasi rambut rontok pada cowok. Simak nih langkah-langkahnya, seperti dilansir dariMen’s Health.

  1. Minta dokter untuk meresepkan obat rambut rontok seperti minoxidil. Obat oles ini dapat membantu mencegah rambut rontok dengan cara melancarkan aliran darah ke folikel rambut
  2. Apabila perawatan dengan obat nggak mempan mengatasi rambut rontok, jajal perawatan dengan laser
  3. Gunakan sampo yang mengandung ketoconazole. Sampo ini dapat mengatasi ketombe sekaligus mencegah rambut rontok
  4. Cukupi kebutuhan vitamin D setiap hari. Kekurangan zat gizi ini bisa menyebabkan pertumbuhan rambut terhambat
  5. Jika rambut rontok disebabkan peradangan kronis dan penyakit autoimun, dokter biasanya meresepkan obat antiperadangan
  6. Coba rutin jalankan meditasi dan jaga pikiran agar tetap rileks. Caranya bisa dengan menjalankan hobi, sempatkan latihan pernapasan dalam, dan rajin olahraga
  7. Tingkatkan asupan zat besi dengan rutin mengonsumsi bayam, telur, atau protein hewani. Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan rambut rontok.
Baca Juga: Cowok Perlu Merawat Kulit Ketiak Biar Nggak Hitam dan Rusak, Begini 4 Caranya!

Jikaberbagai cara di atasnggak menemui hasil, kalian bisa mengonsultasikan masalah inidengan ahlinya biar kerontokanrambut kalian nggaksemakin parah, guys. (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : Men's Health, Verywell Health

Baca Lainnya