Cara Mengecek Penerima Bantuan Program Indonesia Pintar 2021

Selasa, 14 Desember 2021 | 12:25
pip.kemendikbud.go.id

Dana Program Indonesia Pintar untuk anak sekolah pemegang KIP. Login ke pip.kemdikbud.go.id dengan NISN untuk cek nama penerima.

HAI-Online.com – Pemerintah memberikan bantuan dana pendidikan buat para pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu lewat Program Indonesia Pintar (PIP).

Mereka yang berhak menerima bantuan Program kolaborasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud Ristek), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag) ini adalah siswa dari jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

Penerima program bantuan ini dapat dicek melalui laman resmi PIP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Terus gimana cara cek penerima Program Indonesia Pintar? Langkahnya cukup simpel kok, guys. Kalian hanya butuh nomor induk siswa nasional (NISN), tanggal lahir, dan nama ibu kandung.

Baca Juga: Inilah 8 SMK/SMA yang Punya Jurusan Kesenian, Bisa Jadi Referensi Kalian

Inilah langkah-langkah mengecek penerima PIP:

  • Buka laman pip.kemdikbud.go.id
  • Nantinya di halaman awal akan muncul pilihan “Cari Penerima PIP”
  • Untuk mengeceknya, masukkan NISN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung
  • Klik tombol “Cari”
Pencairan dana Program Indonesia Pintar

Dilansir dariwebsiteresmiKemdikbud Ristek, pencairan atau pengambilan dana PIP bisa dilakukan perorangan maupun kolektif.

Pencairanbisa dilakukan jika pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) membawa bukti pendukung sah ke bank penyalur yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Pengambilan dana PIP secara kolektif dilakukan jika berada di wilayah yang mempunyai akses sulit ke bank penyalur,misalnya aja daerah yangnggak mempunyai kantor bank di kecamatan maupun biaya transportasinya lebih besar dari bantuan yang akan diterima.

Sedangkanpengambilan dana bantuan secara kolektif dapat dikuasakan kepada kepala sekolah, ketua lembaga, bendahara sekolah, atau bendahara lembaga.

Bank penyalur yang mencairkan dana dari program ini yaitu Bank Nasional Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Baca Juga: Bandingin sama Jepang, Jerome Polin Ungkap Jam Masuk Sekolah di Indonesia Itu Kepagian

Pemegang KIP jenjang SD/SMP/SMK/Paket A/Paket B/Kursus dapat mencairkan dana di BRI. Sedangkan untuk pemegang KIP jenjang SMA/Paket C dapat mencairkan di BNI.

Khusus pemegang KIP dengan jenjang SD/SMP harus didampingi orangtua/wali/guru saat mendatangi bank untuk mencairkan dana.

Kemudian, pemegang KIP melakukan aktivasi rekening apabila akan menggunakan tabungan, kemudian menandatangani bukti penerimaan dana dan menerima dana PIP tersebut.

Besaran bantuan Program Indonesia Pintar

  • Rp 450.000 per tahun untuk jenjang SD/Paket A,
  • Rp 750.000 per tahun untuk jenjang SMP/Paket B, dan
  • Rp 1.000.000 per tahun untuk jenjang SMA/SMK/Paket C/Kursus. (*)
Baca Juga: Nggak Ada Libur Nataru, Pelajar SD-SMA Wajib Ikut Kegiatan Pembentukan Karakter, Bolos Kena Tindakan!

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya