Instagram Bakal Hapus Stiker ‘Add Yours’ yang Ancam Privasi Pengguna

Minggu, 28 November 2021 | 12:44
Kompas.com

Add Yours Instagram

HAI-Online.com - Stiker ‘Add Yours’ jadi fitur yang ramai digunakan para pengguna Instagram sejak resmi diluncurkan pada awal bulan Oktober lalu, termasuk di Indonesia.

Sayangnya, fitur tersebut rentan terhadap penyalahgunaan privasi pengguna. Bahkan ada beberapa oknum yang menggunakan fitur ini untuk mengeksploitasi data pribadi pengguna.

Buat yang belum tahu, fitur ‘Add Yours’ merupakan sebuah stiker yang berisikan tantangan yang dibuat oleh pengguna Instagram dan akan diikuti pengguna lain.

Misalnya aja pengguna bisa memberikan tantangan ke pengguna lain untuk memposting stories yang berisi nama panggilan, tempat lahir, foto rumah pengguna, dan konten pribadi sensitif lainnya.

Hal ini tentu saja berbahaya karena tantangan-tantangan tersebut secara tidak langsung ingin mengetahui data pribadi pengguna.

Baca Juga: Tren Stiker Add Yours Instagram Jadi Sorotan, Cek Nih Data Pribadi yang Sebaiknya Nggak Dibagikan

Nah menanggapi hal ini, Instagram mengatakan akan mengambillangkahtegas untuk menghapus stiker ‘Add Yours’ yang mengancam privasi pengguna.

Dilansir dari Nextren, representatif Meta sebagai induk perusahaan Instagram telah memberikan pernyataan resmi.

Pihak Meta Indonesia mengatakan bahwa keamanan informasi pengguna Instagram adalah sesuatu yang dianggap sangat penting oleh perusahaan.

"Privasi dan keamanan informasi data pribadi pengguna merupakan hal fundamental yang sangat penting bagi Instagram," ujar Representatif Meta.

Sementara itu pihak Meta mengatakan mereka bakal berupaya untuk menjaga informasi dan identitas pribadi pengguna.

"Kami tidak memperbolehkan pengguna memposting informasi pribadi atau bersifat rahasia, baik tentang diri mereka sendiri maupun orang lain," tandasnya.

Baca Juga: Tren Tipu-Tipu Challenge Add Yours di IG Story, Jangan Serius Ikutan Sebar 9 Data Pribadi Kamu di Instagram Ya!

Dengan adanya masalah ini, pihak Meta pun berjanji akan menghapus konten yang membagikan ataupun mengumpulkan informasi terkait identitas pribadi yang dapat merugikan penggunanya.

Representatif Meta juga memaparkan bahwa kerugian yang dimaksud tersebut adalah kerugian fisik (keuangan), informasi keuangan, tempat tinggal dan media, serta informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal.

Bagi pengguna Instagram yang menemukan konten-konten berbahaya, Meta telah menyediakan platform yang berfungsi untuk melaporkan konten yang dinilai melanggar hak privasi.

Buat lo yang menemukan pelanggaran privasi karena konten tersebut, lo bisa mengakses platform aduan tersebut melalui link berikut ini. (*)

Baca Juga: Bagiin Video di Instagram, Sylvester Stallone Konfirmasi Bakal Main Lagi di 'Guardians Of The Galaxy Vol.3'

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya