Punya Banyak Problem, Begini Cara Cowok Merawat Kulit Sensitifnya...

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:23

Kulit sensitif

HAI-Online.com- Saat kambuh dan kumat, pemilik kulit sensitif akan langsung mengetahuinya dari respon di kulitnya.

Yap, namanya juga sensitif, biasanya kulit tubuh atau wajah bakal lebih gampang merespon banyak faktor, diantaranya debu, minyak atau panas dari lingkungan, makanan yang dikonsumsi, serta juga pemakaian produk perawatan tertentu.

Kulit wajah yang sensitif misalnya akan jadi mudah memperlihatkan respon memerah dan muncul ruam di sekitar permukaannya.

Untuk mencegah kekambuhannya, pemilik kulit sensitif perlu merawat kulit dengan baikdan ekstra hati-hati.

Baca Juga: Zac Efron Diduga Ubah Wajah Jadi Jelek Biar Bisa Merasakan Hidup Berbeda

Begitu juga dengan penggunaan skincare untuk cowok yang punya kulit sensitif, selain harus lebih jeli memilih produk dan kandungannya, kamu juga kudu punya perhatian ekstra biar nggak terpapar faktor-faktor penyebab problem di kulit.

Nah, untuk tipe kulit sensitif itu bisa terjadi pada yang berminyak maupun kulit kering. Jadi kalo kamu mempunyai kulit wajah sensitif, gunakan produk yang seperti ini:

1. Produk ringan kimiawi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghindai hal-hal yang bisa membuat kulitmu iritasi seperti terlalu lama terkena sinar matahari atau menggunakan produk skincare berbahan kimia pekat.

Jika kambuh akibat sinar UV berlebih, kamu bisa menedih atau cari penutup kukut yang aman. Namun jika alergi yang timbul akibat pemakaian skincare tertentu, kamu harus hentikan saat itu juga.

Usahakan untuk memilih dan menggunakan produk yang minim bahan kimia atau produk dengan formula yang tidak menyebabkan iritasi kulit.

Selain itu, hindari juga menggunakan toner, astringen, eksfoliator berlebih serta produk yang mengandung pewangi dan alkohol berlebih.

Pilihlah produk dengan bahan dasar alami, seperti aloe vera, royal jelly, green tea, mawar, atau chamomile. Intinya cari skincare produk yang dekat ke bahan alaminya dibanding unsur kimiawinya.

Baca Juga: Kadang Kering Kadang Berminyak, Kenali Kulit Kombinasi dan Skincare yang Cocok buat Cowok!

2. Pakai Suncreen dan Pelindung

Merawat kulit sensitif yang dapat dengan mudah bereaksi dengan lingkungan adalah dengan menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah atau beraktivitas.

Ingat perhatian lebih harus dilajukan. Jangan langsung keluar rumah tapi sunscreen dilupakan. Gunakan pada bagian yang mudah terpapar sinar matahari, seperti di muka, leher, telinga, telapak tangan dan mata kaki.

Jika aktivitasmu mengharuskan berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama, reapply sunscreen tiao 2 jam sekali, serta akali dengan pakai baju lengan panjang, topi dan kacamata hitam.

3. Cuci Mukanya dua kali

Bukan dua kali pakai sabun wajah dalam satu waktu cuci muka ya! Tapi bagi pemilik kulit sensitif, cucilah wajah kamu saatsebelum dan setelah beraktivitas.

Untuk mendapatkan kondisi wajah yang bersih dan sehat maksimal, lakukan juga metode double cleansing ini.

Maksudnya awali dengan membersihkan kotoran dan makeup dengan memakai facial cleanser, upayakan menggunakan alas kapas atau kain katun.

Lalu, lanjutkan mencuci muka dengan facial foam lembut untuk memastikan kotoran wajahmu terangkat maksimal.

Terakhir, jangan sering-sering menyentuh wajah ya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya