Lo Punya Cita-cita Jadi Pengusaha? 6 Jurusan Kuliah Ini Bisa Diambil

Kamis, 30 September 2021 | 15:10
Entreprenersite

Ilustrasi bisnis

HAI-Online.com - Buat kamu yang bercita-cita menjadi pengusaha dengan cara membuka usaha sendiri, ada sejumlah jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan nih.

Baca Juga: Inilah 8 Kampus di Indonesia yang Lulusannya Cepat Kerja Versi QS WUR

Memang sih pada zaman sekarang ini banyak pengusaha muda yang nggak kuliah tapi bisa untuk membuka usaha sendiri.

Meski begitu, percaya deh ilmu yang bakal didapetin di bangku kuliah pastinya bakal banyak membantu dalam mengembangkan usaha sendiri.

Jadi kuliah yang berkaitan dengan kewirausahaan sangatlah penting.

Nah, melansir Kompas.com, dari laman platform edukasi Rencanamu.id, berikut ini sejumlah jurusan kuliah yang bisa dipilih bila ingin jadi pengusaha mengacu pada prospek usaha yang cerah:

1. Teknologi Informasi

Zaman sekarang bisnis berbasis teknologi begitu berkembang pesat. Dengan pengetahuan dan kemampuan mengembangkan software, lulusan TI bisa membuat aplikasi bahkan mendirikan startup sendiri.

Bahkan, kamu bisa dengan mudah mengelola situs lo sendiri, jadi bisa menekan biaya yang semestinya dikeluarkan untuk hire ahli IT.

2. Pendidikan

Lulusan ini bisa mendirikan usaha yang berbasis pendidikan seperti tempat bimbingan belajar, lembaga kursus hingga sekolah seperti KB, TK maupun TPA.

3. Ilmu Hukum

Jika sudah mengambil spesialisasi serta mendapatkan izin, lulusan hukum dapat menjadi notaris independen dan membuka praktik di bidang hukum. Banyak kok dilihat-lihat ahli hukum yang mendirikan office sendiri.

Baca Juga: Ini 5 Skill yang Harus Dimiliki Jika Lo Berminat Jadi Game Developer

4. Teknik mesin

Lulusan teknik mesin dapat mendirikan usaha bidang jasa servis mesin, atau membuka usaha sebagai konsultan di bidang teknik.

5. Ilmu Komputer

Jurusan ini membantu kamu untuk memahami ilmu di bidang komputer. Lulusan jurusan ini dapat mengembangkan bisnis seperti penjualan perangkat komputer, jasa service komputer hingga menciptakan hal baru di dunia software.

6. Manajemen Bisnis

Kalo masuk jurusan ini, kamu bakal banyak belajar tentang bisnis dan kewirausahaan, seperti strategi memasarkan usaha hingga pengelolaan uang untuk meningkatkan laba perusahaan dan juga nilai perusahaan. Sangat cocok buat kamu yang mau jadi pengusaha.

Nah itu tadi rekomendasi 6 jurusan kuliah yang bisa kamu ambil kalo mau jadi pengusaha. Semoga informasi tadi ngebantu yang mau menjajaki dunia bisnis sebagai wirausahawan muda. (*)

Baca Juga: Inilah 7 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Mosiur 2021

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siswa Bercita-cita Jadi Pengusaha? Jurusan Kuliah Ini Bisa Dipilih"

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya