Inilah 5 Rekomendasi Olahraga dan Games yang Cocok Lo Mainin Saat PTM

Jumat, 10 September 2021 | 15:05
Unsplash/ Salman Hossain Saif

Rekomendasi Olahraga dan Games yang Cocok Saat PTM

HAI-Online.com - Wacana pembukaan sekolah yang sempat ditunda, akhirnya perlahan dilakukan juga pada akhir Agustus lalu. Seperti diketahui Jakarta sudah mulai melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada 30 Agustus 2021, kemudian disusul oleh daerah lainnya.

Baca Juga: Nggak Cuma Masker dan Hand Sanitizer, 5 Barang Ini Juga Wajib Dibawa selama PTM Terbatas

Dikarenakan pandemi Covid-19, hampir 2 tahun siswa sekolah udah nggak ngerasain belajar secara tatap muka dan semua serba online. Nah, tentu PTM ini menjadi hal yang baru untuk para siswa baik dari segi aturan dan juga cara bergaul yang mungkin sangat berbeda dengan sekolah di masa normal dulu.

Selama sekolah, tentunya bete kalo nggak main atau nongkrong sama teman. Apalagi dengan sistem PTM yang tetap harus taat sama protokol kesehatan (PTM). Nah, biar nggak bete pas di sekolah, lo bisa kok menghabiskan waktu dengan berolahraga atau main games dengan teman-teman lainnya.

Kalo lo ngerasa bingung soal olahraga atau games apa nih yang cocok buat lo lakuin di sekolah selama masa PTM, kayaknya lo mesti simak rekomendasi dari HAI kali ini. Berikut ini ada 5 olahraga dan games yang cocok saat PTM.

Olahraga

1. Badminton

Buat lo yang mau olahraga sama teman tapi harus menjaga prokes, nah kayaknya olahraga badminton cocok buat lo mainin nih karena minim interaksi fisik. Selain bisa seru-seruan sama teman, untuk main badminton ya lo cuma butuh sediain raket sama koknya aja. Malah bisa dibilang nggak bakal ada sentuhan fisik langsung sama orang lain karena mainnya yang saling berjauhan.

Apalagi sejak Olimpiade beberapa waktu yang lalu, hype permainan badminton di Indonesia ini terlihat meningkat sehingga membuat banyak anak muda memainkannya juga. Jangan lupa bawa masker dan hand sanitizer juga dari rumah, supaya main bisa tetap sehat dan asik. Kalo bisa sih maskernya selalu dipakai ya pas main sekalipun.

2. Futsal (Penalty shoot out!)

Futsal bisa menjadi salah satu rekomendasi buat lo untuk olahraga pas PTM. Selain bisa seru-seruan bareng sama teman-teman, olahraga ini juga cocok dimainin pas PTM di sekolah. Eitss tapi kalo bisa mainnya penalti-penaltian aja ya, karena kalo mainnya satu lapangan full takutnya banyak kontak fisik yang bisa menyebarkan virus Covid-19.

Kan kalo penalti kayanya minim sama kontak fisik, asalkan tetap jaga jarak, terus keseruannya juga masih ada. Ya lo bisa tuh pake sistem yang kalah harus push up atau apa gitu biar menambah keseruan meski penalti doang. Kalo sekolah nggak nyediain bola, mau nggak mau harus bawa bola dari rumah.

Selain itu, kalo bisa mainnya jangan teriak-teriak dan tetap memakai masker supaya tetap menjaga protokol kesehatan. Oiya sama satu lagi nih yang penting, jangan lupa memakai hand sanitizer juga meski lo cuma jadi penendang bukan kiper ya. Hal itu dilakukan supaya lo semua nggak terpapar Covid-19 dan tetap menjaga kesehatan.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka di Jakarta Bakal Digelar Tiap Hari Mulai 13 September 2021, Pelajar Cek Pengaturan Masuk Kelasnya!

3. Basket (Shot-shot-an)

Basket juga bisa jadi alternatif buat lo yang bingung mau olahraga apa pas PTM. Apalagi basket setiap temen lo pasti mau mainin meksipun cuma shot-shot-an doang nih. Nah, makin seru kalo ditambah challenge-nya, misal yang kalah muterin lapangan atau sit up, kayaknya itu lebih asik deh.

Paling lo cuma bawa basket dari rumah, kalo sepatu ya pake sepatu biasa juga nggak masalah sih karena cuma shot-shot-an aja. Selain itu, tetap harus terapkan juga jaga jarak dan selalu pakai masker ketika main. Kalo sebelum dan sesudah main sih kalo bisa lo harus pake hand sanitizer, maka dari itu harus bawa juga dari rumah.

Kalo bisa pas main juga jangan sambil teriak supaya kalian sama-sama menjaga diri masing-masing dari paparan Covid-19. Jadi salah satu olahraga yang cocok sih buat lo mainin di sekolah sama teman-teman pas PTM.

Games

4. Game Online: Mobile Legends

Kalo bicara soal PTM, kayaknya game online ini emang paling cocok buat lo mainin sama teman-teman lo. Selain bisa dimainin dari mana aja, game Mobile Legends juga bisa lo mainkan tanpa harus ngobrol berdekatan dengan teman-teman lo. Ya paling cukup on mic aja di game sama jaga jarak misal main secara langsung, nggak bakal ngaruh besar juga kok sama permainan.

Selain bisa dimainkan tanpa adanya interaksi fisik ataupun berdekatan satu sama lain, Mobile Legends juga membuat lo bisa main rame-rame sama teman sekelas lo. Nah, misal lo mau push rank ya tinggal ajak 4 orang teman lo yang lain atau kalo mau main bersepuluh ya tinggal adu skill aja main di custom 5 vs 5. Pastinya keseruan juga nggak bakal berkurang kok.

Ada yang perlu lo inget nih, karena game ini toxic kalo lawan publik, ya misal sampe kesel kalo bisa nggak usah teriak-teriak dan lebih baik mainnya anteng aja, supaya bisa saling menjaga kesehatan satu sama lainnya dan untuk menghentikan penyebaran Covid-19 juga pastinya. Percaya deh mainnya juga masih seru kok meski nggak pake teriak-teriak. Jangan lupa juga selalu pakai masker dan bawa hand sanitizer ya dari rumah.

Baca Juga: Mau Tetap Sehat Mengikuti PTM Terbatas di Sekolah, Ini 6 Tips-nya!

5. Game Online: PUBG

Sama seperti Mobile Legends, PUBG juga bisa jadi game yang lo mainin bareng teman-teman. Game ini tentu bisa dimainkan tanpa ngumpul langsung, cukup on mic lo bisa koordinasi dengan teman-teman lo pas di dalam game. Ya kalo emang lagi main ngumpul di sekolah kalo bisa jaga jarak dan diimbau untuk nggak teriak-teriak supaya bisa menekan penyebaran Covid-19.

Pasti masih seru kok meski nggak teriak-teriak Selain itu, game ini dimainkan di hape masing-masing jadi ya nggak mungkin juga ada sentuhan fisik langsung dengan orang lain. Meski begitu, lo juga harus tetap pakai hand sanitizer saat dimanapun. PUBG cocok lah buat lo yang senang main game online survival sama teman-teman.

Nah, itu tadi 5 olahraga dan games yang cocok buat lo saat PTM. Semoga dengan rekomendasi itu, pas lo bete jadi tau mau ngelakuin kegiatan menyenangkan apa di sekolah. Tapi, ingat yang terpenting tetap fokus belajarnya di sekolah ya.

Baca Juga: Ini Daftar 33 Rute Sekolah Gratis untuk Siswa yang Ikut Belajar Tatap Muka Terbatas di DKI

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya