PODKESMAS Sajikan Drama Audio Blockbuster Komedi Fantasi 'Balada Onggok Si Anak Durhaka' di Spotify

Jumat, 03 September 2021 | 12:23

Peluncuran Balada Onggok, Si Anak Durhaka

HAI-Online.com - Tahukah kamu, komedi dan horor merupakan konten podcast yang paling digemari pendengar Indonesia di platform audio digital.

Nggak heran, nihkuartet pembuat konten podcast PODKESMAS yang digawangiAnanda Omesh, Angga ‘Nggok’, Imam Darto dan Surya ‘Insomnia’ mengambil segmen komedi dalam acara podcast mereka.

Yap, merema membuat satu gebrakan barudenganmenggarap konten sandiwara suara alias audio drama bergenre komedi terbaru dipodcast original Spotifydengan judul "Balada Onggok si Anak Durhaka".

Baca Juga: 3000 Cover Version Lagu 'Yesterday' Bikin Paul McCartney Terima Rekor Dunia, Ini Ajaibnya Lagu Kemarin!
"Ini tuh drama audio blockbuster komedi fantasi," kata Imam Darto,penulis sekaligus sutradara podcast iniyakin memperkenalkan konten terbarunya di acara virtual pada Kamis (2/9/2021) kemarin.

Imam Darto bilang sebutan panjang itu bukan tanpa sebab, pasalnya konten“Balada Onggok Si Anak Durhaka” ini dibuat dengan skala produksi yang begitu besar, sekrlas blockbuster bahkan bagi PODKESMAS yang merupakan salah satu jaringan podcast terbesar di Indonesia.
Baru kali ini mereka melakukan produksi podcast hingga membutuhkan tim produksi selengkap yang biasa ditemukan dalam produksi film bioskop, mulai dari cast director dan line producer hingga satu tim khusus untuk penulis naskah.

Kenapa disebut audio blockbuster karena penggarapan efek suara di drama berjudul Balada Onggok Si Anak Durhaka

“Ini tuh konsep hiburan baru di podcast yang menghadirkan elemen komedi fantasi. Kami berupaya memasukan seluruh elemen itu, mulai dari permainan kata sampai slapstick untuk memberikan pengalaman hiburan yang menyeluruh," beber Imam Darto.

Baca Juga: Di-bully Netizen Usai Komen Soal Kasus Korupsi Mensos Tapi Bawa-Bawa Gal Gadot, Imam Darto Minta Maaf

Diakuinya, komedi slapstick yang dihadirkan ke dalam platform audio memberikan tantangannya tersendiri, karena pada dasarnya daya tarik komedi slapstick ada pada stimulasi visual dari aktivitas fisik yang intens.

"Untuk mengakali hal itu, kami benar-benar total dari sisi produksi dan desain suara agar pendengar dapat membayangkan serta menciptakan kembali adegan humor tersebut dalam benak mereka melalui suara-suara yang mereka dengar " jelasnya.

Bahkan dari pilihan pemerannya, Podkesmas turut mengajak sejumlah komedian TV lintas generasi, komika, hingga beberapa aktor dan aktris film seperti Tora Sudiro Yuki Kato, Asri Welas dan Bintang Emon.

"Semuanya ada dalam show ini!” ujar Imam Darto lagi.

Menyatukan elemen drama audio dengan komedi fantasi dan desain audio sekelas film blockbuster, “Balada Onggok Si Anak Durhaka'' menceritakan kisah seorang pria bernama Onggok, yang diperankan oleh Angga ‘Nggok’.

Baca Juga: Nggak Semudah Itu Ferguso, Ini 3 Syarat untuk Tinggal di Planet Lain

Onggok merupakan pria single yang merasa tidak dicintai dan tidak dihargai oleh teman-temannya, Suryo (diperankan Surya ‘Insomnia’), Omesan (diperankan Omesh), dan Dartox (diperankan Imam Darto).

Onggok merasa ketiga temannya selalu merundungnya karena teman-temannya lebih sukses ketimbang dirinya.

Hingga suatu hari, ia melampiaskan amarahnya kepada ayahnya dan kemudian mendapatkan kutukan dari seorang jin penunggu gunung yang mengubahnya menjadi jamban emas untuk mengajarkannya pelajaran hidup yang tidak akan terlupakan.

“Cerita ini terinspirasi dari candaan yang sering kami lakukan kepada karakter Angga ‘Nggok’ di Podkesmas,” ujar Omesh.

Diakui Angga, meski namanya jadi judul dna pemeran utama, perannya justru tidak levih banyak dsri yang mainnya.

Baca Juga: Trailer Terakhir 'No Time To Die' Dirilis, Tampilkan Daniel Craig sebagai James Bond Terakhir

"Gue di sini pemeran utamanya taoi gue itu si jamban emasnya," katanya di acara yang sama.

Buat yang ngikutin konten Podkesmas, pendengar mungkin sudah tahu kalo meteka sering menggoda Nggok sebagai lelucon, walaupun sebenarnya itu bentuk sayang mereka ke sosok Nggok.

"Dari sini kami kepikiran untuk bikin cerita fantasi tentang seseorang yang sepanjang hidupnya merasa tidak dihargai oleh orang-orang disekitarnya, akhirnya memahami betapa teman-teman dan keluarganya menyayangi dirinya setelah menghadapi sebuah kesulitan.

"Tentunya, cerita ini tetap akan penuh dengan candaan dan momen-momen lucu. Jika boleh dibilang, alur cerita podcast ini seperti paduan formula dongeng-dongeng ternama dengan twist PODKESMAS di dalamnya," jelas Surya.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Umumkan Pamit dari Podcast dan Medsos, Kenapa Ya? Nah, podcast spesial ini bakal dirilis secara eksklusif pada 7 September mendatang di Spotify, podcast unik ini bakal disajikan dalam 10 episode dan siap membawa pendengarnya ke dalam perjalanan cerita komedi fantasi yang penuh dengan penemuan jati diri dan persahabatan.

“Sebagai sebuah format, podcasting menghadirkan kedekatan dengan pendengar lewat audio yang tiada duanya. Itu sebabnya, kami selalu mencari cara untuk memperluas pilihan konten yang kami tawarkan sehingga dapat senantiasa menghadirkan konten berkualitas tinggi dan relevan, yang mampu menyenangkan hati para pendengar di Indonesia.

"Kami senang berada dalam perjalanan ini bersama Podkesmas di saat mereka mendiversifikasi konten mereka dengan rilisan berskala Blockbuster terbaru ini," tambah Carl Zuzarte, selaku Head of Studios at Spotify, Southeast Asia. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya