Arti dari Istilah yang Sering Dipake di WhatsApp, dari PC sampai VN

Kamis, 03 Agustus 2023 | 13:10
Wikimedia

Ilustrasi chatting di WhatsApp.

HAI-Online.com – Kalian pasti udah nggak asing sama istilah-istilah yang sering dipake pas chatting-an di WhatsApp, mulai dari VC, PC, PM, VN, TC, sampai P.

Namun kalian udah tahu belum, sih, arti dari masing-masing singkatan tersebut?

Istilah-istilah ini sendiri biasanya digunakan dalam percakapan yang nggak formal, misalnya saat chatting sama temen-temen kalian.

Nah, biar nggak bingung, yuk simak arti masing-masing dari istilah ini.

PC

PC adalah singkatan dari Personal Chat. Istilah ini umumnya dipakai saat seseorang ingin mengirim chat personal ke salah satu pengguna yang ada di dalam grup yang sama.

Misalnya, saat kalian ingin bertanya kepada teman grup kalian soal tugas yang belum kalian ngerti. Jadi, dengan PC ini, obrolan di grup nggak akan terganggu.

PM

PM atau Personal Message itu hampir mirip dengan istilah PC.

Hanya saja, istilah yang awalnya dipake di forum Kaskus ini lebih sering digunakan dalam konteks jual beli secara online. Misalnya, saat kalian menawarkan barang buat dijual lewat status WhatsApp.

“Kalo minat, PM yak.”

Ini bertujuan agar pengguna yang berminat membeli, bisa menghubungi kamu secara langsung melalui chat personal.

VC

Istilah VC atau video call kerap digunakan saat seseorang ingin ngajak orang lain untuk melakukan Video Call.

Lewat udpate fiturnya, pengguna WhatsApp bisa ngajak sampai delapan peserta sekaligus dalam satu sesi video call.

Namun bagi sebagian orang, VC juga bisa bermakna Voice Call alias panggilan telepon.

VN

VN alias Voice Note adalah istilah yang sering dipakai jika seseorang ingin mengirim pesan suara melalui chat pribadi atau grup.

Pengguna yang ingin mengirimkan pesan suara, biasanya mengatakan "Oke gue jelasin langsung aja ya lewat VN".

Dengan begitu, pengguna nggak perlu repot mengetik terlalu panjang di kolom chat.

Untuk mengirim pesan suara (VN), pengguna hanya cukup menahan ikon mikrofon (berwarna hijau) yang berada di pojok kanan bawah kolom chat.

Baca Juga: WhatsApp Perkenalkan Fitur Baru Kirim Pesan ke Diri Sendiri!

P

Singkatan ini sebenarnya berasal dari BlackBerry Messenger (BBM), aplikasi yang sekarang udah nggak ada lagi. Dari asal-usulnya, huruf "P" punya kesamaan dengan istilah "Ping" yang dulu cukup populer di kalangan pengguna

Selain berfungsi untuk menyapa lawan bicara mereka di aplikasi WhatsApp, huruf "P" yang dikirim melalui kolom chat juga bisa menandakan bahwa pesan tersebut harus segera dilihat atau bersifat urgent.

Meski begitu, sebagian orang menganggap bahwa huruf "P" yang digunakan untuk memanggil seseorang di kolom chat itu nggak sopan atau spam.

TC

Jika kamu pernah menerima pesan broadcast berbunyi "TC", berarti ada orang yang sedang melakukan Test Chat atau Test Contact.

Singkatan ini memang umum digunakan untuk memastikan apakah pengguna WhatsApp yang bersangkutan aktif (online) atau nggak. Jika pengguna sedang dalam kondisi aktif, artinya pesan "TC" tersebut akan menunjukkan tanda centang 2 alias terkirim.

Sebaliknya, jika kontak yang dihubungi sedang nggak aktif, maka pesan tersebut hanya akan menampilkan centang 1 saja.

Jadi, itulah istilah-istilah yang sering dipakai dalam obrolan di aplikasi WhatsApp. Kalian termasuk yang sering pake istilah itu juga, nggak? (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul"Apa Itu PM, PC, VC, VN, dan TC yang Sering Dipakai di Obrolan WhatsApp?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya