Viral Foto Pemain Voli Brasil Pakai Masker Saat Bertanding, Ternyata Ada Alasan Menyentuh Dibaliknya

Kamis, 05 Agustus 2021 | 08:31
Instagram/ @Borges5

Mauricio Borges, pemain voli Timnas Brasil di Olimpiade Tokyo 2020

HAI-Online.com – Viral foto beberapa pemain voli Brasil yang tetap mengenakan masker meski saat tim mereka sedang bertanding. Ternyata ada alasan menyentuh di baliknya.

Baca Juga: Nggak Cuma Muamar Qadafi, Ini 11 Coach Bulu Tangkis asal Indonesia yang Juga Melatih Negara Lain

Pemain voli Brasil yang tetap memakai masker saat bertanding di antaranya Lucas Saatkamp dan Maurice Borges dari tim putra serta Marcis Carneiro dari tim putri.

Melansir Kompas.com, informasi dari Associated Press, alasan utama mereka tetap memakai masker meski sedang bertanding adalah demi melindungi keluarganya.

Salah satunya, Saatkamp, yang diketahui memiliki putra berusia lima tahun dengan masalah pernapasan dan baru saja dikarunia seorang putri.

Sebelumnya, dia mengaku sempat terinfeksi Covid-19 pada Januari lalu dengan gejala demam dan sakit kepala yang parah.

Saat itu, istrinya sedang hamil. Oleh karena itu, di tengah pandemi Covid-19, dia tetap memakai masker meski sedang berlaga di Olimpiade Tokyo untuk mencegah infeksi virus corona dan menularkannya kepada keluarganya.

"Aku tidak ingin menjadi model untuk menggunakan masker. Satu-satunya alasan utamaku adalah melindungi diriku dan keluargaku, bukan untuk menjadi panutan,” kata Saatkamp.

Sebelum diterbangkan ke Jepang untuk mengikuti Olimpiade, Saatkamp sebenarnya sudah divaksinasi. Namun, dia tetap memutuskan untuk memakai masker saat berlaga.

Saatkamp mengatakan, dia belum mendengar pujian atau kritik atas keputusannya karena dia jarang membaca artikel atau menggunakan media sosial.

Baca Juga: Semua Menang! Anthony Ginting Raih Perunggu, Kevin Cordon Dapat Hati Supporter Badminton

Dia menuturkan, masker tersebut tidak mengganggu performanya. Bahkan, dia membantu tim voli Brasil mencapai semifinal di Olimpiade Tokyo, “Bagiku tidak masalah karena bola voli berbeda dengan olahraga lain,” kata Saatkamp.

“Ada lebih banyak jeda untuk memiliki waktu untuk bernapas, tidak seperti berlari atau sepak bola. Bagiku, tentu itu tidak nyaman,” ujar Saatkamp.

Sementara itu, Borges mengaku tidak masalah memakai masker saat bertanding karena dia merasa sudah terbiasa.

Lalu, Carneiro memakai maskernya saat bertanding dengan alasan untuk mengajak orang lain disiplin memakai masker saat pandemi Covid-19 seperti ini.

Rekan setim Saatkamp, Borges dan Carneiro mengaku kagum dengan keputusan mereka memakai masker saat bertanding.

Sementara itu, Saatkamp menggarisbawahi bahwa masalah Covid-19 di negaranya sangatlah serius. Angka kematian akibat Covid-19 di Brasil merupakan tertinggi kedua di dunia dengan 556.000 kematian.

Nah, ternyata terjawab sudah mengapa Saatkamp, Borges dan Carneiro selalu mengenakan masker meski saat sedang bertanding.

Pantas saja dari awal bermain di Olimpiade mereka selalu mengenakan masker. Memang masker kini menjadi hal wajib bagi setiap orang untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. (*)

Baca Juga: Kisah Atlet Cewek Angkat Besi Nurul Akmal, Berawal dari Angkat Padi hingga Bisa ke Olimpiade Tokyo 2020

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Foto Viral Pevoli Brasil Pakai Masker Saat Laga, Ada Alasan Menyentuh di Baliknya"

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya