Inilah Daftar Hape yang Kebagian Nyicip Android 12, Ada Nokia sampai Xiaomi

Jumat, 21 Mei 2021 | 08:00
Google

Android 12

HAI-Online.com – Android 12 udah secara resmi diperkenalkan dalamevent tahunan Google I/O 2021 yang diselenggarakan pada hari Selasa (18/5/2021) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut juga diketahui daftar seri HP yang akan terima Android 12 Beta terlebih dahulu, mulai dari OPPO sampai Xiaomi, selain seri Pixel sendiri—hape besutan Google sendiri.

Android 12 datang dengan sejumlah pembaruan fitur yang diklaim dapat meningkatkan pengalaman saat menggunakan perangkat smartphone.

VP of Product Management Android & Google Play Sameer Samat mengungkapkan, Android 12 dibuat berdasarkan semua yang disukai pengguna tentang Android.

Pihaknya juga berfokus pada pembuatan ponsel yang sangat pribadi dengan penyesuaian terhadap konsumen.

Baca Juga: Google Rilis Android 12, Tampil Lebih Fresh dengan 'Material You'

"Kami memikirkan kembali seluruh pengalaman, dari warna hingga bentuk, cahaya, dan gerakan," ucap Sameer Samat, dikutip dari laman resmi Google.

"Hasilnya adalah Android 12 lebih ekspresif, dinamis, dan personal daripada sebelumnya," jelasnya.

Lebih lanjut mengenai seri HP yang akan mengusung Android 12 Beta pertama kali, Setidaknya ada 11 seri HP yang didapuk oleh Google sebagai yang pertama merasakannya.

Sedangkan Google Pixel—mulai seri Pixel 3 ke atas, seperti yang udah kita tahu, mendapatkan kesempatanuntuk mencicipi OS terbaru ini lebih awal. Secara ini hape bikinan Google sendiri, ya.

Penasaran hape mana aja yang kebagian Android 12? Simak nih daftarnya, dilansir dari 9to5Google:

  1. Asus ZenFone 8
  2. Nokia X20 (via MyPhoneApp Forum)
  3. OnePlus 9 & 9 Pro
  4. OPPO Find X3 Pro
  5. Realme GT 5G (Hanya di China)
  6. Sharp
  7. Techno Pouvior 4
  8. TCL 20 Pro 5G
  9. Vivo IQOO 7 Legend
  10. Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11I, dan Mi 11X Pro
  11. ZTE Axon 30 Ultra 5G
Baca Juga: Udah Mulai Sepi, Clubhouse Akhirnya Rilis buat Android, Masih Tertarik Coba?

Meski demikian, sejumlah informasi menyebut bahwa masih ada sedikit kendala saat mencoba menjalankan Android 12 Beta. Bisa dimaklumi sih karena statusnya memang belum final release.

Beberapa pengguna pada seri OnePlus 9 Pro menyebut kalau sistem akan membuat perangkat dibuat nggak dapat berfungsi selama pembaruan, dikutip dari 9to5Google.

Jadi, perusahaan akan menerapkan Android 12 dengan caranya masing-masing. Diperkirakan, Android 12 akan sudah banyak dipakai pada kuartal terakhir (Q4) 2021.

Hape kalian kebagian Android 12, nggak nih, sob? (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : 9to5Google

Baca Lainnya