5 Daftar Lagu yang Jadi Biang Kerok Terciptanya Istilah 'Anak Senja'

Jumat, 14 Mei 2021 | 13:00
Fourtwnty Music

Fourtwnty

HAI-ONLINE.COM -Bagi sebagian besar orang, sore hari merupakan momen yang dapat menjadi momen menegangkan - tentu saja karena riuh kemacetan lalu lintas - sekaligus menenangkan.

Pilihan yang kedua menjadisebuah ramuan rahasia untuk para penikmat matahari terbenam yang kerapmeromantisasi momendengan musik yang pelan dan juga menenangkan.Umumnya berasal daripetikan gitar akustik, alunanmusik yang ringan dan lembut ini sebenarnya juga nggak harus kalian dengarkan di sore hari aja.

Entahapa dan bagaimanayang pertama kalimempopulerkansusunanlagu seperti ini dengan istilah senja - hingga bahkanindie -sungguh nggak visioner. Bayangkan kalo ada seorang dari Lithuania ingin mendengarkan lagu 'Zona Nyaman' dari Fourtwnty di musim dingin yang gelap gulita, tentu masih sah dan nggak menghilangkan makna tersirat dari lagu tersebut,kan?

Balik lagisih, interpretasi makna lagu memang bergantung pada penilain pribadi masing-masing pendengar, dan itu juga masih sah untuk dilakukanoleh siapapun.

Baca Juga: 5 Lagu Indonesia Legendaris yang Paling Sering Diputar di Tongkrongan

Maka dari itu, HAI coba membedah 5 daftar lagu dari para musisi visioner yang dirasa cukup menjadi penanggung jawab bagaimana istilah "anak senja" dapat muncul dan menjadi populer di kalangan anak muda.

Fourtwnty - Zona Nyaman

Fourtwnty Music

Fourtwnty

Lagu pertama yangwajib masuk dalam daftar ini tentu datang dari grup yang dalam setengah dekade menjadi sangat terkenal Indonesia, Fourtwnty.

Lagu 'Zona Nyaman' merupakan salah satu soundtrack dari film Filosofi Kopi 2 yang sekaligus membuat nama grup band asal Jakarta tersebut kian dikenal oleh banyak orang.

Payung Teduh - Menuju Senja

HAI
HAI

Payung Teduh

Sebelum terkenal dengan lagunya yang berjudul 'Akad,' Payung Teduhtentubanyak menelurkanbeberapa lagu yang ciamik.

Melalui album 'Dunia Batas,' Payung Teduh mulai mendapatkan porsinya di kalangan "anak senja" lewat lagu berjudul 'Menuju Senja.'

Danilla - Senja di Ambang Pilu

Dok. HAI

Danilla Riyadi

Lagu yang termasuk ke dalam album 'Telisik' ini disinyalir menjadi lagu selanjutnyayang kerap dimasukkan ke dalamdaftar putarteman senja.

Danilla yang memiliki karakter suara shootingakan memanjakan banyak telinga dengan suaranya yang khas nan lembut, serta alunan tipis dari gitar si Enci yang menenangkan hati dan pikiran para penikmat matahari terbenam.

Maliq & D’essentials - Semesta

Dok. HAI

Maliq & D'Essentials

Satu lagi laguyang terpilih menjadisoundtrackfilm Filosofi Kopi. Cukupcliché, lagu ini menceritakan sebuah perpisahan.

Walau lagu ini mengandung lirik yang cukup emosional, tapi alunan musik dari lagu ini cocok banget untuk dimasukkan ke dalam playlist senja yang dapat sering kalian di coffee shop manapun di daerah kalian.

Terlebih, keterlibatan hubungan antar manusia dan alam semesta juga mendapatkan banyak porsi diliriknya. Maliq & D’essentials emang keren dan visioner.

Monita Tahalea - Senja

dok. Monita Tahalea

Monita Tahalea

Dikenal menjadi salah satu finalis di ajang bergengsi pencarian bakat Indonesian Idol Season 2, Monita Tahalea ternyata pernah merilis sebuah lagu yang berjudul 'Senja' pada tahun 2010 yang kini cukup memikat hati para anak senja.

Lagu yang bercerita tentang cinta yangnggak harus memiliki itutentumenjadi sahabat setiapara penanti senja, tak lupa ditemani dengan segelas plastik es kopi susu di tangan kanan dan sebatang rokok di tangan kiri.

Baca Juga: Modest Mouse Buka Album Baru 'The Golden Casket' Lewat Single 'We Are Between’

Gimanafriend, buat kalian para anak senja, apakah daftar lagu di atas cukup merepresentasikan apa yang kalian gambarkan ketika menikmati sore hari? Tentu kalian sendiri yang mengerti, sila nikmati.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya