Review Huawei Freebuds 4i: TWS Rp 1 Jutaan Terbaik Tahun 2021!

Sabtu, 27 Maret 2021 | 20:30
Dok HAI

Huawei Freebuds 4i

HAI-ONLINE.COM- Tiga hari yang lalu, tepatnya 24 Maret 2021, Huawei kembali merilis sebuah True Wireless Stereo (TWS) bernama Freebuds 4i.

TWS ini dibanderol dengan harga Rp 1.199.000 dan selama masa Pre-Order (sampai 2 April 2021) lo bisa mendapatkan Huawei Band 4e dan Huawei Freebuds 4i Case. Jadi totalnya lo bisa untung Rp 550 ribu.

Dengan harga segitu, bisa apa aja sih TWS ini?

TWS budget yang kaya fitur

Sudah tiga hari HAI mencoba TWS penerus Freebuds 3i ini dan hasilnya sangat memuaskan.

Di range harga Rp 1 jutaan, HAI jarang banget nemuin TWS yang punya Active Noise Cancelling (ANC). Mentok-mentok, Passive Noise Cancelling.

ANC di Freebuds 4i ini juga bukan sekadar gimmick aja. Tapi benar-benar bisa memfilter suara dengan frekuensi rendah sekalipun tinggi. Yang mana artinya bagus banget.

Dok HAI

Huawei Freebuds 4i

Dengan bentuk yang menyerupai TWS teranyar ‘brand buah’, earphone dari Freebuds 4i ini ringan banget. Mungkin karena bahannya plastik, jadi nggak bikin pegel telinga meskipun dipakai dalam waktu lama.

Ngomongin soal pemakaian jangka panjang, TWS ini juga dibekali dengan daya tahan luar biasa. Selama tiga hari pemakaian, HAI baru nge-charge sekali.

Padahal TWS ini dipakai hampir seharian untuk meeting online, dengerin musik bahkan main game. Pokoknya joss banget deh!

Hampir sempurna

Di luar semua kelebihan Freebuds 4i, ada kekurangan yang bikin TWS ini kurang sempurna. Well, di dunia pun nggak ada yang sempurna sebenernya.

Beberapa hal minor yang bikin TWS ini terasa kurang salah satunya adalah build quality cangkang atau tempat nge-chargenya.

Memang sih beratnya tuh ringan banget, tapi rasanya kurang solid aja gitu ketika dipegang. Ditambah belum ada dukungan wireless charging. Kalau ada, pasti perfect banget deh.

Baca Juga: Hasil Pekan Kelima Hari ke-1 MPL Season 7, AE Kembali Raih Kemenangan

Satu hal lagi yang terasa kurang ada di bagian kontrolnya. Kalau kita pakai TWS, pasti pengen seminim mungkin nyentuh hape saat dengerin lagu. Maka dari itu opsi kontrol di TWS itu sangat penting.

Dok HAI

Huawei Freebuds 4i

Freebuds 4i punya kontrol yang berbeda dari TWS lain. Secara default; klik 2 kali untuk naik atau turunin volume dan tekan beberapa detik untuk aktif dan non-aktifkan ANC.

Nggak ada opsi klik satu kali sama sekali dan ketika HAI pasangkan dengan aplikasinya. Pilihannya pun sangat sedikit.

Jadi mau nggak mau kita harus memilih antara klik dua kali untuk play/pause musik atau naik-turunin volume. Bisa aja kedunya, tapi harus sebelah-sebelah. Sayang banget.

Kesimpulan

Jadi bisa disimpulkan kalau Huawei Freebuds 4i punya kelebihan dan kekurangan:

Kelebihan

  1. Harga murah
  2. ANC bisa memfilter frekuensi tinggi dan rendah
  3. Ringan, sehingga nggak membebani telinga
  4. Baterai tahan lama
Kekurangan

  1. Nggak bisa wireless charging
  2. Build quality kurang mantap
  3. Kurangnya pilihan kontrol
Kalau menurut lo wireless charging dan pilihan kontrol yang sedikit bukan masalah besar, Freebuds 4i bisa jadi TWS yang lo idam-idamkan. Karena kelebihannya emang idaman banget. Bahkan bisa dibilang perusak harga pasar TWS.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya