Viral Pengunjung Taman Safari Tega Lempar Sampah Plastik ke Mulut Kuda Nil, Petugas Temukan Sampah Lain hingga Ungkap Kondisi Hewan Terkini

Selasa, 09 Maret 2021 | 07:00
DOK Istimewa

Sejumlah foto yang menampilkan seekor kuda nil diberi makan sampah di Taman Safari Indonesia (TSI), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial Senin (8/3/2021).

Suar.ID - Sebagai sesama makhluk hidup, semestinya manusia tetap menjaga dan berkasih sayang.

Akhir-akhir ini, banyak ditemukan kasus perbuatan tak pantas yang dilakukan manusia pada hewan.

Warganet Indonesia tengah ramai memperbincangkan sebuah foto yang menunjukkan sebuah sampah di dalam mulut kuda nil.

Baca Juga: Fenomena Raja Tikus, Saat Belasan hingga Puluhan Tikus Ekornya 'Gancet' dan Mereka Tumbuh serta Hidup Bersama Menyebar Teror di Kota-kota

Foto yang tengah viral tersebut disebutkan diambil di Taman Safari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Akun @hiboorans, yang juga turut mengunggah foto tersebut menyebutkan bahwa sampah di dalam mulut kuda nil tersebut adalah botol plastik.

Yang lebih menyesakkan adalah ternyata botol plastik tersebut berasal dari pengunjung Taman Safari yang sengaja melemparnya ke dalam mulut kuda nil.

"Melempar sampah ke mulut kuda nil," tulis akun itu dalam unggahannya pada Senin (8/3/2021).

Pantauan Kompas.com, serangkaian foto dari akun @hiboorans ini didapat dari video instastory instagram @cyntiactcete.

Di dalam instastory tersebut, akun ini menampilkan keterangan bahwa seekor kuda nil diduga dilempari sampah botol bekas oleh pengunjung.

Faktanya, saat petugas Taman Safari mengecek kuda nil tersebut, ada sampah lain yang ditemukan di dalam mulut sang kuda nil.

Baca Juga: Pemeran Jack dalam Film Titanic Ini Tiba-tiba Berbicara soal Hewan Asli Indonesia, Apa Itu?

Plat mobil diduga pelempar sampah ke kuda nil terekam

Meski demikian, ia menulis bahwa saat itu dirinya tidak sempat merekam aksi pengunjung tersebut ketika sedang melampar botol bekas minuman ke mulut kuda nil itu.

"Emang sih gk kerekam pas dy ngelemparnya (botol bekas minuman), tapi saksi mata banyak, ada tissue juga yang dilempar," tulis akun @cyntiactcete itu disertai dengan foto mobil yang diduga pelaku.

Tak sampai disitu, slide selanjutnya ia menjelaskan kronologi kejadian yang dia lihat saat sedang mengunjungi Taman Safari.

"Jadi kemarin, mobilku pas banget di belakang mobil dia, kuda nilnya memang lagi leyeh-leyeh di pinggir. Dari dalam mobil itu memang ada tangan yang keluar dan mengayun-ayunkan sampah plastik supaya kuda nilnya mangap. Pas mangap, eh dilemparnyalah sampah plastik ke dalam mulutnya (kuda nil)," tulisnya.

"Kami di belakang sudah membunyikan klakson ngasih tanda, dan ketika keluar kami melaporkan ke pihak petugas safari," tambahnya.

Foto aksi buang sampah ke mulut kuda nil viral di medsos

Foto-foto yang diunggah itupun telah memicu kemarahan netizen di Twitter. Mereka marah karena sangat khawatir pada kondisi kesehatan kuda nil tersebut.

Sebab, jika menelan botol bekas minuman itu tentu bisa membahayakan hingga menyebabkan kematian hewan mamalia tersebut.

"Buang sampah di kali atau selokan aja udah ga terpuji banget. Ini ke sesama makhluk. Ini setan langsung resign kalo kelakuan manusia aja gini," tulis komentar seorang netizen.

Hingga saat ini, unggahan akun @hiboorans itu telah disukai sebanyak 1.689 dan dikomentari oleh 142 warganet.

Baca Juga: Bikin Merinding, Langit Arab Saudi Tiba-tiba Diserang Segerombolan Hewan Ini, Seperti Awan Hitam Berputar-putar

Petugas Taman Safari temukan sampah botol dan tissue di mulut kuda nil

Dihubungi terpisah, pihak pengelola Taman Safari Indonesia membenarkan kasus pelempar sampah ke mulut kuda nil tersebut.

"Iya betul, kejadiannya kemarin (Minggu) siang atau sore gitu, ketika itu ada pengunjung melihat, jadi dia upload laporkan ke official sosmed kami, itikadnya baik sekali," ucap Kepala Humas TSI, Yulius H Suprihardo saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Dia mengatakan, saat itu petugas TSI langsung mengecek dan membersihkan sampah yang ada di mulut kuda nil tersebut.

Yulius menyebut bahwa petugas tidak hanya menemukan botol bekas tapi juga sejumlah tissue bekas di dalam mulut kuda nil itu.

"(Laporan akun) itu dia nunjukin ada botol air mineral di situ, tapi saat ini satwanya sih aman karena kuda nilnya memuntahkan kembali sampah tersebut. Padahal kalau sampai tertelan bisa menyebabkan kematian bagi satwa kami, kan botol plastik mineral itukan terurai ratusan tahun," ungkapnya.

"Temuan kami ada 1 botol mineral dan juga tissue, tapi semuanya sudah terbuang, tidak sampai tertelan," imbuhnya.

Menurut Yulius, dalam satnite safari journey tertulis aturan di brosur TSI terkait imbauan tidak boleh membuang sampah, tidak boleh memberi makan.

Pengelola Taman Safari: pelaku kabur, kuda nil sehat

Yulius memastikan bahwa pihaknya sudah melakukan tindakan dengan cara mencari pelaku yang dilaporkan akun tersebut.

Namun, kata dia, saat itu sejumlah petugas tidak berhasil melacak pelaku karena sudah kabur atau keluar area TSI.

Pengelola kebun binatang juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap kuda nil (Hippopotamus amphibius) asal Afrika tersebut.

Kuda nil itu, lanjut dia, sejauh ini aman dan belum ditemukan adanya kelainan kesehatan dalam tubuh hewan mamalia itu.

"Kuda nilnya sudah aman, kami juga sudah melakukan tindakan namun pelaku sudah keburu keluar area, tidak terlacak," jelas dia. (Ade S/Intisari-Online.com)

Baca Juga: Tafsir Mimpi Melihat Semut Menurut Islam, Benarkah ini Pertanda Baik?

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya