Berkat The Beatles, Plang Jalan Abbey Road Terjual dengan Harga Rp 714 Juta

Jumat, 05 Maret 2021 | 17:11
Bbc

Berkat The Beatles, Plang Jalan Abbey Road Terjual dengan Harga Rp 714 Juta

HAI-Online.com -George Harrison, John Lennon, Ringo Starr, dan Paul McCartney,sering melakukan rekaman musik bersejarah mereka di Abbey Road Studio yang terkenal.
Usai rekaman itu, The Beatles juga sempat mengabadikan diri berjalan di jalanan Abbey.
Foto The Beatles di garis penyebrangan Abbey Road itu kemudian ditampilkan ddalam album studio yang mereka rilispada 1969 tersebut.
Baca Juga: Film Dokumenter Abbey Road Akan Disutradarai oleh Anak Paul McCartney
Dari sana, foto ikonik The Beatles menjadi sangat dikagumi banyak penggemar dan banyak musisi lain sehingga ingin juga mengikuti cara berjalan dan bergaya seperti di foto paling mahsyur sedunia itu.
Tahukah kamu, plang jalan Abbey Road tidak lantas menjadi usang begitu saja. Papan jalan itu menjadi sangat berharga karena menjadi bagian dari ketenaran musisi legendaris, The Beatles.
Meskitanda jalan itu nggak masuk dalam foto ikonik di album berusia 50 tahun itu, tetap saja penggemar masih mengincar barang tersebut, lantaran pernah menjadi bagian dari sejarah musik.
Hal itu membuat para kolektor rela keluar kocek banyak demi dapat memilikinya.
Nah, akhirnya papan jalan Abbey Road yang sempat dilelang pada akhir Februari lalu telah resmi terjual seharga 37.200 poundsterling atau sekitar Rp 714 juta.
Dikutip dari BBC, awalnha papan tanda Abbey Toad diprediksi hanya akan terjual sekitar 40 juta, namun aetelah dilempar dalam tawaran lelang, perkiraan itu meleset jauh.
Tahukah kamu, papan penunjuk jalan Abbey yang berwarna hitam, putih, dan merah itu ternyata dibuat pada 1967 oleh Sir Misha Black.
Papan tersebut menjadi satu dari 275 papan penunjuk jalan yang dilelang oleh Dewan Kota Westminster.
Baca Juga: Beatallica, Band 'Gabungan' The Beatles dan Metallica Segera Rilis Album
Catherine Southon, juru lelang yang terlibat dalam lelang papan penunjuk jalan Abbey itu mengaku terkejut dengan tingginya minat para kolektor untuk membelinya.

"Sebagai warga London selatan, proyek penjualan papan jalan London begitu menyenangkan, dari awal hingga akhir. Suatu kehormatan kami bisa terlibat di dalamnya," kata juru lelang, Catherine Southon, seperti dilansir di lamanBBCJumat ini.

"Saya benar-benar terkejut dengan tingginya minat para kolektor dengan penawaran kompetitif dari seluruh dunia,"ujarnya lagi.

Abbey Road seperti diketahui banyak orang merupakan jalan kecil yang terletak di London Utara, yang terkenal berkat The Beatles.
Pada 1960-an, bandrocklegendaris itu merekam sekitar 90 persen lagunya di Abbey Road Studios. Bahkan, nama jalan itu pun menjadi tittled untuk album ke-11 The Beatles.
Sampul albumAbbey Roadyang menampilkan potret keempat personil The Beatles menyeberang dizebra crossluar studio EMI di kawasan St John's Wood, juga menjadi foto paling ikonik. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya