Ternyata Sit Up Nggak Bisa Mengecilkan Lemak di Perut, Lanjutin Latihan, Jangan?

Sabtu, 13 Februari 2021 | 14:26
Sportsrec

Ternyata Sit Up Nggak Bisa Mengecilkan Lemak di Perut, Lanjutin Latihan, Jangan?

HAI-Online.com- Cowok atau cewek yang mau punya perut six pac, biasanya sering melakukan gerakan sit up. Secara latihansit upini dipercaya dapat membantu membakar lemak di bagian target yaitu perut.
Namun sayangnya,hal ini ternyata mitos menurut health and Nutrition Science Nutrifood, Rendy Dijaya Muliadi. Duh!
Jadi, menurut Rendy, sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan, bahwa olahraga dengan menargetkan bagian tubuh tertentu bisa membakar lemak secara lokal pada bagian yang dituju.
Baca Juga: Kejebak Macet, Sopir Taksi Ini Tetep Luangin Waktu Buat Olahraga Dalem Mobil
Faktanya, lemak yang terbakar karena olahragasit upadalah keseluruhan stok lemak di tubuh kita, guys!
"Lemak yang terbakar (tetap) secara keseluruhan," kataRendy dalam sesi Nutriclass yang digelar virtual pada Senin (8/2/2021) lalu.
Tapi jangan sedih atau menghentikan latihan geraka sit up, lanjutkan saja olahraga di bagian perut itu, karena tetap ada manfaatnya.
"Latihan yang terfokus pada bagian tertentu tetap bermanfaat untuk perkembangan otot di bagian tersebut," katanya lagi.
Menurut penjelasan Live Strong, sit up memang dapat mengencangkan otot perut. Namun, sit up tidak efektif membakar lemak di perut.
Untuk mengempiskan perut buncit, Kamu perlu mengencangkan otot perut sekaligus membakar lemak atau kalori lebih banyak.

Sebagai perbandingan, Harvard Health Publishing menunjukkan, olahraga berlari atau jogging selama 60 menit akan efektif membakar lemak hampir 596 kalori untuk orang dengan berat badan 70 kilogram.

Nah, HealthStatus.com melaporkan, sit up selama satu jam baru membakar sekitar 325 kalori.

Baca Juga: Abdominal Etching: Fenomena Cowok Hari Ini Gendut, Besok Udah Bisa Six Pack, Wow!

Tahukah kamu, laman Healthline dikutip dari KompasHealth juga mencatat, latihan sit up secara teratur akan mempercepat metabolisme tubuh serta membakar kalori dan lemak secara keseluruhan.
Berita baiknya, latihan aerobik (kardio) mungkin juga efektif untuk menargetkan lemak perut visceral (yang terletak di rongga perut di sekitar organ dalam kamu).
Yang penting, intensitas juga berperan. Latihan intensitas sedang ke tinggi dapat mengurangi massa lemak perut, dibandingkan dengan latihan aerobik intensitas rendah atau latihan kekuatan (angkat beban).
So, jangan berhenti latihan sit up, tapi ditambah juga gerkaan olahraga aerobik atau cardio biar makin fit dan keren badan kalian. (*)

Editor : Al Sobry