Rekomendasi 5 Band Indie Rock Asal Medan, Segar dan Berbahaya!

Rabu, 10 Februari 2021 | 09:58
Dok. Pullo

Pullo

HAI-ONLINE.COM - Sumatera Utaraselalu menyimpan harta tersembunyi untuk urusan musik. Kota Medan sebagai lumbungnya menjadi pusat perkembangan varian musik yang tumbuh di kalangan anak mudanya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Band Metal asal Yogyakarta Jebolan Jogja Corpse Grinder

Indie rock sebagai varian yang terbilang cukup baru dalam musik rock pun tak ketinggalan untuk menyinggahi panggung-panggung musik di Kota Medan.

Sejak era 2000-an, banyak musisi dan artis baru yang bermunculan dengan membawakangenreini.

Kalau kamu menyenangi musik rock yang memiliki gaya berbeda, simak deh rekomendasi 5 band indie rock asal Kota Medan yang bisa masuk ke playlist-mu!

Pijar

Instagram / @pijarmusik

Pijar

Trio beranggotakanAlfredo (Vokal/Gitar), Ican (Gitar) dan Aul (Drum) ini berawal darimimpi besar sekelompok anak muda untuk bermain musik sebagai jati diri.

Terbentuk sejak tahun 2013 lalu, Pijar kemudian merintis mimpi-mimpinya secara perlahan dengan hijrah ke Jakarta pada akhir 2015.

Dengan atmosfer Jakarta yang serba keras, Pijar dengan semangat membara khas Medan tetap teguh berdiri dengan berhasil merilis berbagai album seperti "Sound of Youth", "Selatan", "Exposure", dan "Perpetual".

Termutakhir, mereka juga merilis berbagai single ikonik seperti "Tropik" dan "Lunar Biru" yang menjadi favorit para remaja di Indonesia.

Beetleflux

Instagram / @beetleflux

Beetleflux

Berawal di tahun 2012, Beetleflux adalah sebuah anomali di tengah kegersangan di industri musik di Kota Medan kala itu.

Dengan warna musik yang agak lain, Beetleflux telah merilis album penuh "Smaerd" pada 2016 lalu menyusul EP "Trailee" di tahun sebelumnya.

Setelah mengalami berbagai bongkar pasang personel, Beetleflux kini berisikan skuad andalan mereka yakniIqbal Arvin (drum), Fahrin Hartias (gitar), Teuku Lizam (bas & vokal), dan Aulia Nasution (gitar & vokal).

Mematenkan warna musik indie rock dengan balutan shoegaze yang kental, Beetleflux kembali merilis sebuahEPterbaru dengan judul "Moonstruck" di 2020 kemarin.

Pullo

Dok. Pullo

Pullo

Pullo merupakan salah satu andalan dari skena musik kota Medan ang jarang terdengar oleh para penikmat musik nasional.

Mengusung gaya musik yang kurang umum bagi para pendengar di kotanya; Rally, Gavin, Faiz, dan Ranggi tetap berani menelurkan single pertama mereka pada tahun 2016 dengan judul “Strained“ Single tersebut berhasil membuka mata para penikmat musik di tanah air.

Pullo adalah salah satu dari sedikit band mengagungkan kegelapan di Indonesia yang memiliki aksi panggung dan progresi lagu yang tidak monoton, seakan nggak peduli kalo musik yang mereka mainkan bakal didengarkan orang atau nggak.

Toh mereka juga tetap produktif dengan berhasil menghasilkan album pada tahun 2019 lalu berjudul “A Dark Belief“. Beberapa waktu lalu sebuah single yang dikolaborasikan dengan Sunmantra berjudul "Astle Rune" juga telah dilepas ke permukaan.
Hello Benji and the Cobra
Instagram / @hellobenjiandthecobra

Hello Benji and the Cobra

Band ini mungkin adalah yang paling usil dan ngindiedi antara band lain dalam daftar ini.

Terbentuk sejak tahun 2009 Hello Benji and the Cobra memadukan musikpopIndonesia era '70an,psychedelic rockhingga merambah unsur musik funk dan souldengan aksi panggung yang nyeleneh sebagai penambah daya tarik mereka.

Album miniMitos(2015) dansingle"Anak Muda" (2017) adalah karya-karya yang sudah mereka perkenalkan sebelumnya.

Pada 28 Juni 2019 lalu, Hello Benji and the Cobra kembali dengan melepas single "Ku Datang Kembali.

Shadowplay

Instagram / @shadowplaypop / Rizki Febrian Kurniawan

Shadowplay

Berbekal nama yang berjudul sama dengan lagu legendaris milik Joy Division, Shadowplay nyatanya adalah band yangmemainkan musik paling manis dalam daftar band di artikel ini.

Aji (Gitar, Vokal), Agung (Bass), Michelle (Keyboard), Anggi (Drum) memenuhi formasi lengkap di band ini dengan sajian manis indie rock berbalut nuansa pop yang atraktif.

Merilis album penuh mereka "Hyaline" pada 2019 lalu. Shadowplay juga pernah berkolaborasi dengan Ade Paloh (Sore) dalam lagu "Elusif". Di tahun 2020, Shadowplay kembali merilis sebuah single dengan judul "Silver Lining".

Itulah rekomendasi 5 band indie rock ciamik asal Medan yang kini bakal mewarnai perpustakaan musik kamu.

Penulis: Mohammad Farras Fauzi

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya