Dari Pop Hingga Metal, Ini 7 Band yang Dikenal Sebagai Raja Pensi Indonesia

Rabu, 03 Februari 2021 | 13:30
RENDHA RAIS

Seringai

HAI Online.com - Sejak era 2000an lalu, pensi atau pentas seni menjadi fenomena di banyak sekolah di Indonesia, terutama di Ibukota Jakarta.

Dan setiap pensi yang berkesan tentu nggak lepas dari para pengisi acaranya, terutama para band yang memeriahkan panggung.

Pada medio 2000an lalu, muncul fenomena para band yang didapuk sebagai 'raja pensi' karena intensitas mereka menghibur para anak sekolahan di panggung pensi.

Ngomongin panggung pensi di awal dekade baru ini mungkin nggak akan semeyenangkan dulu, lantaran panggung musik saat ini tengah terpuruk akibat diterpa pandemi covid-19.

Tapi, tentunya akan selalu relevan buat kita me-rekap nama-nama besar yang menghiasi panggung pensi sekolah dari era 2000an hingga 2010an.

Baca Juga: Aransemen Ulang, Zirah Rilis Musik Video ‘Bayangan Hidup Extended Version’

Ini dia para band Indonesia yang punya titel 'raja pensi' dulu dan sekarang.

1. Seringai

Credit: Seringai official Facebook

Seringai

Di era 2000an lalu, Seringai menjadi salah satu band yang menyandang titel raja pensi sekolah.

Di era album perdananya, band yang menamai genrenya sebagai 'rock oktan tinggi' ini punya frekuensi manggung yang tinggi di pensi-pensi SMA.

Meski senantiasa bergerak di jalur indie, Seringai meraup banyak fans yang rata-rata adalah kalangan anak SMA.

2. NAIF

HAI

Naif

Di medio 2000an, juga ada nama NAIF yang malang-melintang di panggung pensi.

Ada beragam daya tarik David dkk. yang buat mereka nyambung sama audiens kalangan anak SMA sampai saat ini.

Salah satunya adalah karena band ini menawarkan nuansa lawas pada fashion maupun vibes musiknya. Belom lagi aksi para personilnya yang santai dan kadang ngocol di atas panggung.

3. The Upstairs

The Upstairs
The Upstairs

The Upstairs

Ngomongin fenomena pensi medio 2000an, tentu nggak afdol kalo nggak mention The Upstairs.

Tercatat sepanjang tahun 2004, Jimi Multazham dkk. seirng banget manggung di pensi. Saking banyaknya, gelar spesialis pensi pun disematkan ke band yang manghadirkan musik 80s new wave ini.

4.Souljah

Hai-Online

Souljah

Memasuki tahun 2012, kekuatan baru band-band jagoan pesi mulai menggeliat. Di tengah gelombang itu, ada Souljah.

Pada era itu, band pengusung Jamaican Music ini kerap terlihat di atas poster pensi sekolah, baik itu di sekitaran Jakarta ataupun sekolah di pelosok daerah. Semua nggak lepas dari 'jajahan' Souljah.

5. Maliq & D'Essentials

Rilis Mini Album Raya Part II, Maliq & D'Essentials Perkenalkan Dua Lagu Baru Sekaligus

Memasuki era 2010an, skena pensi sekolah perlahan berubah dengan hadirnya para raja pensi generasi baru. Salah satunya adalah Maliq & D'Essentials.

Perpaduan lirik cinta dalam Bahasa Indonesia dan Inggris dalam lagu-lagunya menjadi salah satu andalan Angga dkk. untuk menghadirkan vibes baru pada pensi sekolah.

Dan pastinya, cewek-cewek cantik sekolahan makin merapat di barisan depan panggung dan sing-along pas Maliq manggung.

6. HiVi

Personil HIVI dan Tohpati, dalam pesta rilis album 'Ceritera', Jum'at (15/11/2019).

'Raja pensi' paling junior bisa dibilang adalah band pop satu ini. Sejak periode 2012, HiVi lagi ramai-ramainya job manggung di pensi-pensi SMA.

Punya cirikhas lagu yang bisa dibuat sing-along, musik HiVi gampang dicerna dan diingat oleh warga sekolahan yang lagi doyan-doyannya musik yang easy-listening.

7. Kelompok Penerbang Roket

@penerbangroket

Kelompok Penerbang Roket Tahan-tahan Meroket dengan Liar

Membawa nuansa rock 70an ke skena pensi sekolah, unit rock asal Jakarta ini pantas disebut sebagaisalah satu new entrydari gelombang baru band raja pensi.

Melambungnya popularitas band ini turut diikuti dengan mulai banyaknya anak-anak usia sekolahan yang mulai familiar sama musik dari Panbers hingga Led Zeppelin. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya