Viral, Kelancangan Tukang Servis Laptop dan HP yang Suka Ambil Data Pribadi Pelanggan

Minggu, 31 Januari 2021 | 18:50
Shutterstock

Ilustrasi servis handphone

HAI-Online.com - Pernahkhawatir nggak sih? Pas lagi servis gadget ke tempat servis-an? Secara gitu ya, data-data pribadi ada di dalemnya, kalo sampau handphone atau leptop tiba-tiba mati duluan sebelum back-up file? jadi berabe khawatirnya...

Hal ini emang kejadian, guys, sebuah utas yang dibikin warganet baru-baru ini membahas soal oknum tukang servis hp.

Bisa dibilang kalo tindakannya tersebut dicap nggak pantes ya... tentu aja, hal ini jadi sorotan publik.

Bukan tanpa sebab, tukang servis tersebut lancang mengakses foto hingga video pribadi dari pemiliknya.

Baca Juga: Viral Tes Corona Lewat Bokong, Lebih Akurat dari Usap Hidung, Ini Kata Satgas Covid-19

Sebelumnya diketahui, perangkat seperti ponsel maupun laptop yang sehari-hari digunakan mengalami kerusakan, kebanyakan orang bakal langsung ngebawa ke tempat servis untuk benerin.
Namun, sayangnya beberapa oknum tukang servis hp maupun laptop ngelakuin aksi nggak profesional, yaitu dengan membuka aplikasi yang seharusnya menjadi privasi buat para pengguna.
Momen tersebut seperti yang dibagikan Mas Adem lewat @ndagels di twiiter, pada Jumat (29/1/2021). Dalam video berdurasi kurang dari semenit tersebut, tampak beberapa percakapan di sebuah grup Facebook.
“Ini serem sih, hati-hati yang servic hp di konter kayak gini, cuma mau ngingetin jangan suka simpan video atau foto telanjang di hp, walaupun kadang sudah dihapus pun masih bisa dicari-cari sama mereka yang tahu caranya,” kata akun @ndagels.

Percakapan tersebut dimulai oleh seorang warganet yang diduga tukang servis hp. Ia mengaku selalu penasaran untuk melihat isi dari galeri pelanggan, kemudian menanyakan kepada penghuni grup Facebook yang lain.
“Penyakit yang tak kunjung sembuh, selalu penasaran pengin lihat isi galeri. Bagaimana dengan para suhu di sini?” kata warganet tersebut.
Adapun warganet yang notabene tukang servis hp lainnya kemudian membeberkan pengalaman mereka membetulkan ponsel. Kebanyakan mengaku pernah menemukan foto-foto pribadi dari sang pelanggan. Bahkan, beberapa sampai menyimpannya.
"Pernah dapat cewek cantik pakai iPhone, ganti LCD, gak sengaja buka galeri, ada pap (foto) atas sama pap bawah dia. Mana cantik banget lagi hahaha," ujar salah satu akun dalam grup tersebut.
Seketika unggahan tersebut viral, dicuitkan ulang hingga lebih dari 13 ribu kali dan disukai oleh lebih dari 30 ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang merasa heran hingga ngeri dengan fakta tersebut.
“Cara mencegahnya itu gampang, jangan aneh-aneh,” kata akun @RTifany18.
“Dosenku pernah bilang kalau adab ada di atas ilmu. Sekarang aku paham maksudnya,” sebut akun @atikooooooo.
“Salah satu alasan dari dulu gak pernah jual hp. Kata nyokap gak usah dijual, disimpen aja. Kalau sudah menuh-menuhin tempat baru dihancurin. Sampai punya rak hp gak kepake. Bukan masalah foto-foto yang aneh-aneh. Takut data pribadi yang tidak tahu di mana letaknya bisa ditemukan sama orang lain. Terdengar kolot memang,” ujar akun @_melucky. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya