Penggemar Film-film Studio Ghibli? Kepoin Tentang Hayao Miyazaki, Yuk!

By Salsabila Putri Pertiwi, Kamis, 7 Januari 2021 | 11:08 WIB
Hayao Miyazaki (Oscar)

CewekBanget.ID - Pasti kita tahu atau seenggaknya pernah mendengar judul film 'Totoro', 'Howl's Moving Castle', 'Kiki's Delivery Service', dan 'Spirited Away'.

Film-film animasi Jepang dengan karakteristik yang khas ini diproduksi oleh Studio Ghibli, dengan sosok sutradara Hayao Miyazaki di baliknya.

Kebetulannya nih girls, pada Selasa (5/1/2021) yang lalu Hayao Miyazaki berulangtahun ke-80 dan sempat menjadi trending topic di media sosial karena banyaknya netizen yang mengucapkan selamat ulang tahun untuknya.

Bahkan, lebih dari 20.000 pengguna Twitter mengucapkan "selamat ulang tahun" kepada sineas Studio Ghibli ini. 

Film-film Miyazaki yang digarap oleh Studio Ghibli memang meninggalkan kesan bagi para pecinta film, bukan hanya karena animasinya yang apik, tetapi juga alur cerita yang kerap mengandung pesan berarti bagi para penontonnya.

Seperti apa sih, kisah Miyazaki yang tertarik dengan dunia animasi ini?

Baca Juga: Keren! Sherina Munaf Isi OST dan Suara Karakter Film Terbaru Studio Ghibli

'Walt Disney' dari Jepang, Suka Pesawat Terbang

Dilansir dari Kompas.com (4/12/2009), Hayao Miyazaki disebut-sebut sebagai 'Walt Disney'-nya Jepang lantaran ia mengenalkan film animasi khas Jepang ke dunia.

Lelaki kelahiran Akebonocho, Bunkyoku, Tokyo, 5 Januari 1941 ini sejak kecil sudah sangat menyukai pesawat terbang.

Ayahnya, Katsuji Miyazaki, bekerja untuk pamannya, pemilik perusahaan suku cadang pesawat terbang bernama Miyazaki Airplanes di Kota Kanuma.

Setiap hari, Hayao kecil melihat ayahnya bercerita dan menghabiskan banyak waktu dengan peralatan militer, yang tersedia pada saat itu karena masih dalam masa Perang Dunia II, dan pesawat terbang.