Debatin Kalimat Bahasa Inggris yang Benar, Abdul Jadi Trending Topik, Siapakah Dia?

Rabu, 30 Desember 2020 | 18:05

Tagar Abdul trending Twitter

HAI-Online.com -Tagar Abdul mendadak trending di Twitter pada Rabu (30/12/2020). Tagar tersebut telah dicuitkan oleh netizen Twitter sebanyak 24 ribu kali.

Abdul sendiri merupakan seorang content creator Tiktok dengan content belajar Bahasa Inggris, mulai dari lafal dan pengucapan.

Ia trending lantaran ada netizen yang mengunggah cuplikan video perdebatan antara Abdul dengan seorang cewek.

Ia merupakan adalah seleb Tiktok dengan nama akun @sukiyuu dan telah memiliki pengikut sekitar 1,3 juta follower.

Baca Juga: Gisel Transfer Video ke Michael Lewat Airdrop, Aplikasi Ini Punya Enkripsi yang Bagus!

Dalam video yang diunggah akun Tiktok @poconghypebeast tersebut tampak keduanya sedang melakukan live bersama.

"Kali ini cewe kalah berdebat dengan abdul saya dukung masnya. Gunakanlah ilmu untuk sesuatu yg bermanfaat." tulis pengunggah di keterangannya.

Disitu Abdul mengatakan walaupun ia hanya seorang lulusan SMA, ia tetap berbagi ilmu dengan orang lain tanpa memelurkan sertfikat.

"Saya coba bantu mereka, saya ngasih tau backround saya. Walaupun hanya SMA, saya pernah jadi Kuli mbak. Walaupun saya dari Kampung, saya berusaha mengajak mereka. Tidak usah minder walaupun pendidikan rendah. Ayo belajar, saya saja bisa yang lulusan SMA, kenapa kalian nggak?"tanya Abdul kepada perempuan itu.

Abdul kemudian mengatakan kalo seharusnya orang yang punya piagam dan berkecukupan untuk saling membantu menyebarkan ilmu juga.

"Nah anda seharusnya yang anak komunikasi sudah banyak piagam, piala, berkecukupan seharusnya membantu orang juga. Untuk megajarkan orang, jangan hanya mengkritik orang yang mengajarkan bahasa inggris. Yang tidak sesuai selera dengan anda"lanjut Abdul.

"Ya tapi saya nggak berani ngajar ya karena itu kredibilitas" jawab Sukiyuu.

"Tidak semua orang yang bisa berbahasa inggris bisa mengajar. Walaupun bersertifikat" timpal Abdul lagi.

Perdebatan kedua content creator ini sendiri berawal dari video @sukiyuu yang mengomentari video pembelajaran pengucapan drink yang dibuat oleh Abdul di akun Tiktonya @abdulism.

Dalam video itu Abdul menjelaskan bagaimana penggunaan kata Drink.

Dimana kata drinkbiasanya digunakan saat kita minum alkohol, dan nggak digunakan atau diucapkan untuk minum kopi atau minuman ringan lain.

Kemudian @sukiyuu mengomentari video itu dan mengatakan kalo kata drinkbisa diikuti minuman apa saja. Seperti kopi dan air.

Baca Juga: Kerumunan 300 Orang Gelar Pesta dan Mabuk Saat Pandemi di Australia, Kini Terancam Dideportasi Pemerintah

"Saya awalnya tidak mau berbicara tentang ini tapi makin ke sini, makin bodoh, bentar. Kamu mengatakan jika (drink dipakai untuk minum alkohol). Tapi anda bisa minum air, Anda bisa minum kopi. Itu semua tergantung Konteks"ucap Sukiyuu.

Sukiyuu menjelaskan kalo dirinya adalah murid jurusan komunikasi yang selalu melihat konteks kalimat.

Ia kemudian mempertanyakan bagaimana Abdul bisa mengajar bahasa kalo ia nggak paham konteks.

"Saya adalah muris jurusan ilmu komunikasi. Dans setiap kali kami menganalisa kalimat, kami sellau melihat konteks. Bagaimana Anda bisa mengajarkan bahasa tetapi tidak mengerti konteks?"

Unggahan perdebatan keduanya inipun mendapat banyak komentar dari para netizen.

Banyak netizen yang pro dengan ucapan Abdul, akan tetapi ada juga yang setuju dengan pendapat Sukiyu.

@kuliahremedd"Mentang2 dia pernah buat kesalahan trs di cari terus kesalahannya. Ya siapa yg gak emosi kalo tulus ngasih ilmu trs lu yg orang kaya seenaknya ngomong kalo berbagi ilmu musti ada sertifikatnya. Kadang orang kaya gapernah ngrasain apa yg d rasain orang yg pernah susah."

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka Dibuka Januari 2021, Komisi X DPR: Perlu Dikaji Ulang

@hazeeelle"Iya ya mba. Ya kali mau berbagi ilmu doang mesti pake sertifikat segala, kan dia juga ngajarnya di sosial media, bukan ditempat formal juga. Padahal kalau si mbaknya itu ngerasa ga sesuai sama mau mbaknya ya tinggal skip"

@apaansingtot"Banyak yg kritik pakabdulkatanya angkuh dll padahal ga jauh beda sama guruku pas sma tetep ilmunya kepakai sampe skrng. Ttp teamabdulsi"

@aannn_18"Yg cewe centang biru tpi 'attitude' nya yah gitu orng mau berbagi tpi 1 kesalahan di ungkit mulu smpe lupa sama beribu kebaikan dia"

Namun kini akun @sukiyuu telah meminta maaf kepada Abdul.

Ia mengunggah permintaan maaf di akun Tiktoknya dengan mengunggah screencpature permintaan maaf yang dikirim via DM kepada akun Abdulism.

"Aku minta maaf ke dia atas kata-kata yang menyakiti dia, dan dia juga minta maaf jika menyakitiku"ucap Sukiyu.

Abdul sendiri merupakan content creator Tiktok seklaigus guru bahasa Inggris. Akun Tiktoknya dengan username @abdulism_kamounginggris sudah memiliki 528 ribu pengikut.

Ia sering membagikan video pengucapan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Pembawaanya yang sedikit keras membuat banyak netizen yang pro namun ada juga yang kontra. (*)

Artikel ini telah tayang diTribunjateng.comdengan judul Tagar Abdul Trending Twitter, Siapakah Dia?

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya