Film Balada Si Roy Punya Treatment Khusus untuk Garap Musik Pengiringnya

Rabu, 16 Desember 2020 | 18:24

Para pemain Balada Si Roy

HAI-Online.com- Adaptasi novel Balada Si Roy menjadi film panjang akan segera diwujudkan rumah produksi IDN Pictures.
Selain mengangkat cerita yang berpusat pada tokoh utama anak muda, Roy Boy Harrisyang rebel, mendobrak tatanan karena mencari jati dirinya, tapi juga dicintai banyak perempuan.
Dari sisi penggarapan musik latar, Susanti Dewi selaku produser film Balada Si Roy telah menyiapkan treatment khusus untuk membawa para penontonnya merasakan vibes era 80-an dan juga 90-an.
Baca Juga: Balada Si Roy Bakal Difilmkan, Abidzar Al-Ghifari Jadi Pemeran Utamanya
Lewat musik, nuansa itu diyakininya akan sukses menambah rasa dalam filmnya nanti.
"Era ituone of the bestuntuk musik, jadi orang terbaik untuk ini adalah mas Adib Hidayat, dia yang bantu untuk mengkurasi, mengidentifikasi musik apa yang pas," ucap Susanti Dewi di konferensi pers virtual Balada Si Roy, Rabu (16/12/2020) siang.
Adib Hidayat pun mengakui, Balada Si Roy punya ikatan dengan musik yang membentuk karakter Roy yang nanti dimunculkan dalam audio visual.
Tak main-main untuk melengkapi unsur musik yang bakal menjadi bagian dari film ini, Adib dengan pengalamannya sebagai jurnalis musik akan melibatkan beberapa musisi band lawas Indonesia yang kembali diangkat dalam film Balada Si Roy nanti.
"(Musik)rocktentunya, identik dengan rebel, anti kemapanan yang menggambarkan sosok Roy, cuma PRnya era itu panjang, jadi yang mana yang mau diambil? Ketika saya membaca lagi novel dan naskahnya, disitu Roykanmendengarkan Van Halen, Queen, Bon Jovi, nah saya akan memindahkanya ke musisi band indonesia," bebernya.

Mengangkat musik rock era 80-an dan 90-an, kurator musik akan melibatkan musisi band lokal untuk mengiringi perjalanan Roy di film.

Untuk lebih mendukung musisi lokal dan lebih memgena secara rasa, Adib menginginkan untuk setiap film Indonesia sebaiknya menggunakan musik karya dalam negeri juga.
"Saya pengennya film di Indonesia itu pakai lagu-lagu lama Indonesia. Untuk film ini, kita kontak lagi band-band lama di era itu," jelasnya.
Baca Juga: 5 Band Metal dan Rock dari Luar Negeri yang Punya Nama Dengan Unsur Indonesia
Meski begitu, sebagai kurator musik Balada Si Roy yang kemungkinan bakal kedatangan penontonnya tidak hanya para om tante 90an tapi juga milennial dan gen Z, Adib juga mengaku akan melibatkan musisi muda di film BSR.
"kita juga bakal membuat theme song dari musisi baru yang lagi disukai anak-muda muda seindonesia," ungkapnya lagi. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya