Tilik Masuk 10 Besar Film Paling Dicari Pengguna Google 2020, Ini Kata Sutradara

Kamis, 10 Desember 2020 | 16:05
youtube.com

Tangkapan layar dari salah satu scene yang ada di film Tilik.

HAI-Online.com -Google Indonesia resmi mengumumkan Year in Search 2020 pada Rabu (9/12/2020).

Year in Search 2020 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren 2020 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia.

Selain itu, Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Pemeran Bu Tejo, Siti Fauziah Ngaku Sempat Nangis Kena Bully Netizen

Hanya saja, daftar Year in Search 2020 ini nggak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.Ada 9 kategori yang diumumkan tahun ini, di antaranya Siapa, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lirik Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

Di kategori film, ada satu film yang cukup menyita perhatian karena beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial.

Yap, benar. Film tersebut adalah "Tilik". Film yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo ini masuk 10 besar sebagai tontonan yang paling banyak dicari pada 2020 ini.

Baca Juga: Tilik Sampe NKCTHI Masuk ke 5 Film Lokal Paling Banyak Dicari di Google Year in Search 2020Lantas, apa kata sang sutradara?

Nggak pernah menyangka

Dalam diskusi daring Google Year in Search 2020 di Google Meet, Selasa (8/12/2020), Wahyu menjelaskan kalo dirinya nggak pernah menyangka filmnya bakal banyak yang mengapresiasi.Oleh karena itu, Wahyu mewakili seluruh tim produksi film Tilik mengaku sangat terhormat atas semua apresiasi yang diberikan.

"Kami juga awalnya tidak menduga, ternyata penontonnya sangat mengapresiasi film ini dan kami merasa sangat terhormat atas itu semua," kata Wahyu.

Wahyu mengatakan, film Tilik diproduksi pada 2018. Namun sebelum dirilis di YouTube pada 2020 ini, film tersebut didistribusikan di berbagai festival film.

Setelah dua tahun semenjak 2018, dia beserta tim akhirnya memutuskan untuk merilis film tersebut di YouTube."Kami diskusi sama tim akhirnya memutuskan yaudah lah kita rilis di YouTube aja, toh itu pakem yang legal. Nah di sini kami memutuskan untuk merilis di situ dan ternyata alhamdulillah responsnya sangat positif dan begitu banyak," ujar Wahyu.

Baca Juga: Roket Seharga Rp 3 Triliun Meledak, CEO SpaceX Elon Musk: Itu Berhasil!

Dia menambahkan, film Tilik sendiri adalah suatu film yang mengangkat fenomena di salah satu tempat di Yogyakarta, tepatnya di Bantul.

Ketika itu, pada 2017, Wahyu dan rekan-rekannya melihat suatu fenomena tersebut dan merasa bahwa itu unik sehingga penting untuk dibuat film.

Film-film pendek di Indonesia berkualitas

Wahyu memaparkan, film-film pendek yang muncul ke permukaan saat ini sebenarnya mempunyai kualitas yang mumpuni. Baik itu pembuat maupun film yang dihasilkan."Nah ini akhirnya kemudian membuat masyarakat menjadi melek,'oh ternyata film pendek bagus'," kata Wahyu.

Saat disinggung mengenai kiat-kiat bagi sineas muda yang tertarik untuk membuat film pendek, Wahyu menjelaskan beberapa hal.

Baca Juga: Lathi, Cuek dan Menghapus Jejakmu Jadi Lirik Lagu Paling Banyak Dicari, Masuk ke Year in Search 2020

Pertama, saat ini adalah zaman digital. Zaman di mana jika ingin membuat film, dengan menggunakan kamera dari ponsel pun hasilnya sudah cukup bagus.

Kedua, tinggal bagaimana sebisa mungkin memotret apa yang ada di sekitar kita dan berusaha jujur dalam membuat film."Maksudnya, jujur aja bikin film dari hati. Saya percaya itu akan balik lagi ke hati," kata Wahyu.

Baca Juga: Kisah Unik di Balik Kolaborasi John Mayer dengan Jam Tangan G-Shock

"Karena ketika membuat film Tilik pun dari awal saya enggak pernah menyangka dan punya ekspektasi bahwa film ini akan viral, ditonton berjuta-juta orang, enggak sama sekali," tambahnya.

Sebaliknya, dia hanya nothing to lose dan membuat film tersebut dengan hati.Berikut daftar 10 film yang masuk Google Year in Search 2020:

1.Tilik

2.Crash Landing on You

3.Milea

4.The World of The Married

5.Mariposa

6.Mulan

7.Money Heist

8.It's Okay to Not Be Okay

9.Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

10.Bucin

Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang Google Year In Search di dunia, dapat mengunjungi google.co.id/2020.Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Tilik Masuk 10 Besar Film Trending di Google Indonesia pada 2020, Apa Kata Sutradara?"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya