Find Us On Social Media :

Sementara Jakarta Diprediksi Tenggelam Tahun 2050, 2 Pulau di Indonesia Ini Sudah Tenggelam dan 4 Lainnya Terancam, Apa Penyebabnya?

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 5 Desember 2020 | 08:00 WIB

Ilustrasi pulau

Intisari-Online.com - Perubahan iklim global kini makin menunjukkan pengaruhnya di berbagai penjuru dunia.

Bahkan di Indonesia, dampak perubahan iklim ini juga mulai terlihat.

Melansir dari The Star, dua pulau di Sumatra dilaporkan telah tenggelam akibat naiknya permukaan air laut sebagai dampak dari perubahan iklim.

Menurut data dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), dua pulau yang dimaksud, Betet dan Gundul, telah terendam pada kedalaman 1m dan 3m di bawah permukaan laut.

Baca Juga: Dari USG Terlihat Janin Ini Menendang Keras Rahim Ibunya Hingga Kakinya Keluar, Dokter pun Panik

“Pulau-pulau ini tidak berpenghuni. Salah satu pulau, Betet, adalah bagian dari Taman Nasional Berbak-Sembilang,” ujar direktur eksekutif Walhi Sumatra Selatan, Hairul Sobri.

Jika kenaikan permukaan laut terus berlanjut, maka empat pulau lainnya, yaitu Pulau Burung, Pulau Kalong, Pulau Salah Namo dan Pulau Kramat, akan kena dampak selanjutnya karena berada di kisaran 0m sampai 3m di atas permukaan laut.

Saat ini, ada 23 pulau kecil di pantai timur Banyuasin, Sumatra Selatan dan beberapa di antaranya, termasuk Pulau Salah Namo yang hampir tenggelam, masih dihuni orang.

Kepala unit lingkungan di Pulau Salah Namo, Syahrul, mengatakan bahwa mereka sudah menyadari naiknya permukaan laut dan adanya risiko pulau itu akan terendam.

Baca Juga: Ingat! Jangan Sampai Salah Pilih Nyatanya Mobil dengan Warna Ini Sulit Laku Saat Dijual Lagi