Setelah di Amerika Serikat, Tugu Misterius Kini Ikutan Muncul di Rumania. Cuma Karya Seni Kali ya?

Selasa, 01 Desember 2020 | 13:30
Daily Mail

Tugu Misterius Kini Ikutan Muncul di Rumania

HAI-Online.com - Sebuah monolit logam misterius didapati kembali muncul di Bukit Batca, Rumania.

Sebelumnya, tugu misterius ini muncul di gurun Utah, Amerika Serikat dan berhasil jadi sorotan warganet dari berbagai negara.

Sampai kini nggak diketahui pasti siapa (atau apa) yang menaruh tugu tersebut di lokasi terpencil di kawasan gurun Utah.

Namun, mengejutkannya lagi, monolit logam yang disebut-sebut datang dari 'dunia lain' baru-baru ini dinyatakan hilang setelah ramai didatangi warga yang berfoto di sana.

Sampai akhirnya baru-baru ini, struktur besi dengan bentuk serupa tiba-tiba terlihat tertanam di atas tanah di atas bukit di Rumania tersebut.

Melansir Daily Mail, besi setinggi empat meter yang diletakan itu muncul tiba-tiba di wilayah konservasi arkeologi Petrodava Dacian, sebuah benteng bersejarah yang telah dihancurkan oleh Romawi di abad ke-2 Masehi.

Namun, monolit di Rumania disebut berbeda secara tampilan dari yang ditemukan di gurun Utah.

Monolit ini memiliki permukaan cermin dan tampak tertutup dengan coretan serupa grafiti.

Baca Juga: Viral Mulut Nggak Bisa Ditutup Akibat Menguap Terlalu Lebar, Ini Penjelasan Dokter

Beberapa pihak menyebut itu bisa jadi salinan dari monolit Utah setelah penemuannya membangkitkan pikiran para ahli teori konspirasi dan penggemar sci-fi di media sosial.

Dan seperti Utah, asal-usul monolit di Rumania juga membuat pemerintah setempat bingung.

"Kami telah mulai melihat penampakan aneh dari monolit tersebut," kata pejabat Neamt Culture and Heritage Rocsana Josanu kepada The Daily Mail.

"Itu adalah milik pribadi, tapi kami masih belum tahu siapa pemilik monolit itu. Itu berada di kawasan lindung di situs arkeologi. Sebelum memasang sesuatu di sana, mereka membutuhkan izin dari lembaga kami, yang kemudian harus disetujui oleh Kementerian Kebudayaan.”

AP

Monolit di Utah

Sebelumnya, penemuan monolit misterius di gurun Utah banyak dikaitkan oleh sejumlah opini di internet dengan benda dari alien.

Tugu ini disebut-sebut berasal dari alien karena banyak orang yang menilai kalau benda itu mirip yang ada di film 2001: A Space Oddysey.

Film dengan konsep sci-fi yang memperlihatkan monolit ini kabarnya pertama kali muncul di Bumi pada tiga juta tahun yang lalu.

Monolit ini digunakan alien untuk menyelidiki dunia dan mendorong perkembangan untuk kehidupan yang lebih cerdas.

Sementara, pihak berwenang di Amerika Serikat mengatkaan siapapun yang menaruh benda tersebut di gurun Utah telah melakukan tindakan ilegal lantaran lokasi tersebut adalah tanah federal.

Menurut lo gimana, guys? Apakah monolit ini beneran dari 'dunia lain' atau kelakuan pihak yang usil? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya