Iri Pada Sahabat? 7 Hal Ini Harus Dilakukan Biar Enggak Jadi Toxic!

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 30 November 2020 | 18:05 WIB
Drama 'Start-Up' (foto : tvN via Hancinema)

CewekBanget.ID - Disadari atau enggak, pasti enggak sedikit dari kita yang pernah merasa iri saat teman atau sahabat sedang bahagia karena berbagai hal baik dan kita berharap diri kita dapat merasakan kondisi serupa.

Meski perasaan tersebut enggak bisa dipungkiri kehadirannya, kita juga tentu tahu kalau perasaan iri sebetulnya enggak baik, apalagi jika dibiarkan berlarut-larut.

Ketika emosi ini muncul dalam persahabatan kita, sulit untuk mengetahui dengan tepat apa yang harus dilakukan.

Menurut American Psychological Association (APA), rasa iri atau kecemburuan biasanya muncul saat kita melihat orang lain mendapat lebih banyak perhatian atau kasih sayang dan terjadi karena kita juga mendambakan pencapaian, penghargaan, atau kepemilikan yang sama.

Nah, supaya suasana di antara kita dan sahabat enggak menjadi aneh atau canggung akibat timbulnya perasaan iri atau cemburu, yuk belajar mengelola emosi dengan mengikuti ebberapa tips berikut ini.

Baca Juga: 4 Cara Menghadapi Sahabat yang Terus-terusan Curhat Soal Pacar!

Mengakui Perasaan Itu Kepada Diri Sendiri

Jika kita kesulitan untuk memberi tahu teman bahwa kita merasa 'terganggu' oleh nasib baiknya, enggak apa-apa, kita enggak perlu melakukannya kok.

Sebaliknya, kita cukup mengatakan perasaan yang sebenarnya pada diri sendiri.

Menyangkal rasa iri atau cemburu hanya akan membuat perasaan semakin memburuk; hal itu enggak baik untuk diri kita dan juga persahabatan.

 Ketika kita mengakuinya dengan bicara pada diri sendiri, kita bisa berlatih menenangkan diri sendiri dengan cara yang sama seperti kita menghibur teman.

Bertanya Kepada Diri Sendiri

Perasaan kita adalah suatu bentuk informasi, jadi dalam kasus ini, rasa iri memberitahu kita kalau itu adalah refleksi diri kita yang buruk.