10 Cara Menghilangkan Overthinking ke Pacar Agar Hubungan Adem Ayem

Rabu, 28 Juni 2023 | 14:38

overthinking

HAI-Online.com- Mikirin dia terus karena khawatir atau menyimpan curiga di antara kalian, kalo-kalo ada yang melakukan kesalahan dalam menjalani hubungan? Itu normal, namanya juga masa pacaran, masa coba-coba untuk punya saling percaya.

Tapi kalo mikirin dia terus-terusan, sampai bikininsekyurdalam hubungan wah, kamu termasuk yangoverthinkingtuh jalaninya.
Kalo punya pikiran yang negatif melulu, sebaiknya segera kamu buang agar nantinya tidak menimbulkan masalah dalam hubungan.

Untuk itu, HAI mengutip dari laman cintalia.com, setidaknya ada 10 cara yang bisa membantu kamu jadiselowdan nggak keterusanoverthinkingsama pasangan. Siapa tahu, hubungan jadi nggak tegang dan bisa lancar sampai selamanya.

1. Pikiran dan Napas Sama sama Panjang

Mau awet menjalani hubungan dan menghilangkan overthinking pada pasangan? Yang pertama kamu bisa lakukan adalah dengan cara mengendalikan pikiran. Begitu muncul pikiran negatif tentang pasangan, cobalah bernafas dalam-dalam beberapa kali secara teratur.

Lakukan hal ini dengan menarik nafas panjang melalui hidung lalu buang melalui mulut selama 3 detik, lakukan hal ini sampai jadi tenang dan rileks.

2. Manfaatkan Teknologi untuk Hapus Kerisauan

Khawatir itu datang dengan mudah saat kamu galau, berusahalah untuk mengendalikan hal itu juga.

Untungnya sekarang udah jaman canggih, kamu bisa hapus kerisauan kamu dengan memanfaatkan teknologu. Caranya kalo pasangan belum membalas pesan yang kamu kirim kamu bisa mencoba untuk menelpon dirinya untuk memastikan jika ia baik-baik saja.

Kalo belom bisa melihat dari dekat, kamu juga bisa video call, ini cocok buat yang jalani LDR. Selama panggilan yang dibuat cukup intens tapi nggak terus-terusan atau frekuensi tinggi, usaha kamu untuk berkomunikasi nggak akan mengganggunya kok.

Oh iya, kalo.mau bikin rutinitas telpon atau video call, pastikan juga waktunya tidak membuat dia menunggu. Mungkin kamu bisa mengatur alarm di hp agar nggak sampaiskipmengontaknya.

3. Jadi Logis dan Bijak

Pada saat pikiran negatif muncul, maka cobalah untuk mengendalikan hal tersebut dengan bijak. Alih-alih berfikir soal hal buruk, cobalah mempertimbangkan alasan yang paling realistis terjadi.

Contohnya seperti saat kamu menunggu balasan pesan pasangan hingga menjelang tidur, namun dia ngak kunjung memberi kabar juga, biasanya datang tuh pikiran negatif yang nggak-nggak.

Nah, cara melawan pikiran itu, ya harus sebaliknya. Coba untuk berpikiran bahwa pasangan kamu mungkin sedang sibuk ngerjain tugas seharian, atau sedang kelelahan. Pikiran logis akan mengantarkan hubungan kamu ke jalan yang benar. Apalagi seteleh tahu kebenarannya, kamu nggak harus emosi tapi bisa meresponnya dengan bijak.

4. Cari Kegiatan yang Bikin Ngakak

Cara menghilangkan overthinking terhadap pasangan berikutnya adalah menghibur diri sendiri agar bisa tertawa. Memang, si dia adalah sumber hiburan kamu tapi berlebihan rasanya kalo harus setiap waktu mencari sumber kebahagiaan kepadanya.

Boleh lho mencari hiburan dengan menonton koleksi film di rumah atau melihat video lucu di Tiktok dan Youtube.

Cara ini juga efektif dilakukan kalo kamu menghadapi suatu permasalahan yang begitu berat, dan sulit menemukan jalan keluarnya. Kamu berhak mencari kebahagiaan diri sebelum membahagiakan orang lain.

Overthinking

5. Berusahalah Alihkan Perhatian

Kalo likiran buruk tentang pasangan mulai datang, cobalah mulai mencari aktivitas yang menyenangkan atau produktif agar nantinya rasa galau kamu hilang.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti memutar lagi lagu-lagu favorit, menelpon sahabat, atau melakukan hobi yang kamu gemari.

Memakai pengalih untuk solusi temporer ini baik, kamu bakal dapat sudut pandang lain dalam menjalani hubungan yang minim kecurigaan dan sedikit rasa tidak saling percaya nantinya.

6. Ceritain Beban Pikiran ke Sahabat

Bercerita kepada orang lain seperti sahabat ini akan membantu menjernihkan pikiran, bahkan bisa mengangkat bebannya, meski si teman cuma mendengarkan cerita tapa komentar atau respon yang solutif.

Selama bukan curhat ke temen yang toksik, atauntemem bully, kamu yang berani mengungkap perasaan khawatir ke temen, bakal lrbih punya pikiran yang tenang, dan bikin perasaan jadi setidaknya nggak ambyar-ambyar banget gitu.

Baca Juga:5 Alasan Putus yang Biarpun Benar, Mending Nggak Usah Dipake

7. Ambil Waktu untuk Meditasi

Jika poin kesatu nggak cukup ampuh menenangkan pikiran, cobain deh, cara mengatasi overthinking pada pasangan dengan bermeditasi.

Cara ini cukup membantu untuk menghilangkan berbagai fikiran negatif serta mampu meningkatkan konsentrasi.

Nggak perlu lama-lama, kamu bisa meluangkan waktu minimal 10 menit sehari dengan duduk diam di tempat yang tenang, bebas dari gangguan.

Buat orang yang belum pernah melakukan meditasi, kamu bisa memakai aplikasi Calm atau Headspace, kalo sudah terbiasa tanpa alat apapun kamu bisa meditasi di mana saja kapan pun.

8. Jauhkan Ponsel Sebentar Aja

Kamu punya pikiran berlebihan mungkin dikarenakan tergantung pada ponsel, dimana setiap menit menatap layar pada ponsel sambil berharap pasangan segera memberikan kabar terbarunya.

Yuk coba, jauhkan sebentar ponsel dari pandangan, dan mulailah mengobrol dengan orang di sekitar untuk mengalihkan pikiran dan rasa khawatir yang berlebihan.

9. Sesekali "me time"

Nggak bisa dipungkiri, jika menghabiskan waktu berdua dengan pasangan ini memang menjadi hal yang sangat menyenangkan, namun hubungan ini bisa jadi bom waktu kalo kamu selalu menghabiskan waktu luang bersama pasangan guna memantaunya terus-terusan.

Alokasikan waktu minimal sehari dalam seminggu untuk memanjakan diri sendiri, perlu diingat jika identitas kamu ini mencakup aspek kehidupan pribadi yang tidak selalu melibatkan pasangan. Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk "me time" tanpa pasangan.

Beberapa kegiatan tersebut diantaranya yakni seperti menonton film favorit yang sudah dimiliki tapi belum sempat di tonton, bermain game, maraton serial drama atau anime kesukaan, menulis artikel/cerita, berolahraga, dan masih banyak lagi, ataunsekedar keluar ngopi di tempat nongkrong.

Tapi baiknya hal ini dilakukan kalo kamu sudah betul-betul bosan dan saat melakukan "me time" harus ingat kembali pada siapa ya.

Baca Juga:Kalau Sudah Rasakan 4 Tanda Ini, Artinya Lo Harus Cari Pacar Lagi!

10. Cari Tahu Penyebab Overthinking

Imi yang paling penting disadari, lakukan refleksi diri guna mengenali lebih dalam diri sendiri, serta mencari tahu apa penyebab kerisauan yang sering muncul ketika memikirkan pasangan.

Masalah ini tidak akan bisa diatasi kalo kamu belum pintar menemukan penyebabnya. Coba tulis apa yang kamu pikirkan pada saat rasa khawatir itu datang, refleksikan isu yang telah kamu catat tadi.

Dari sana kamu yang paling kenal siapa kamu sebenarnya dan bagaimana cara kamu bangkit dari pikiran negatif itu. Selamat mencoba. (*)

Editor : Al Sobry