Find Us On Social Media :

9 Dusun di Magelang Siap Diungsikan, Kenaikan Status Siaga Merapi Makin Signifikan, Berikut Prioritas Kelompok yang Bakal Dapat Pertolongan Pertama

Status Gunung Merapi resmi dinaikkan dari level waspada jadi siaga.

Gridhot.IDStatus Gunung Merapi resmi dinaikkan ke level Siaga pada Kamis (5/11/2020) siang.

Menurut Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, peningkatan status Gunung Merapi ini resmi berlaku mulai pukul 12.00 WIB, Kamis (5/11/2020).

Berdasarkan evaluasi data pemantauan, BPPTKG Yogyakarta menyimpulkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Merapi saat ini dapat berlanjut ke erupsi yang membahayakan penduduk.

Baca Juga: China Mulai Tak Banyak Menggertak, Kini Pemerintahnya Justru Persenjatai Kapal Penjaga Pantai yang Berpatroli, Perintahkan Langsung Tarik Pelatuk Jika Ada yang Nyenggol

Masyarakat yang tinggal di sembilan dusun dalam Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, segera mengungsi setelah ada peningkatan status Gunung Merapi dari waspada menjadi siaga, Kamis (5/11/2020).

Sembilan dusun itu meliputi Batu Ngisor, Gemer, Ngandong dan Karanganyar (Desa Ngargomulyo). Kemudian Dusun Trayem, Pugeran dan Trono (Desa Krinjing).

Serta dusun Babadan I dan Babadan II (Desa Paten).

Baca Juga: Sebut Ada Penipuan di Pilpres AS, Anak Donald Trump Panas-panasi Bapaknya untuk Lawan Segala Kecurangan yang Tercium, Teori Konspirasi Mulai Disebarkan

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edi Susanto memaparkan, Babadan I dan Babadan II adalah dusun yang paling dekat dengan puncak Gunung Merapi yakni 4,5 kilometer dan 5 kilometer.

Karena itu, dua dusun itu yang paling direkomendasikan segera dievakuasi. “Mereka akan dievakuasi ke desa saudara masing-masing, untuk Desa Paten ke Desa Banyurojo dan Mertoyudan.