Find Us On Social Media :

Joox Buka Rahasia, Genre Musik Dangdut Alami Kenaikan Tiga Kali Lipat

By Indah PM, Rabu, 21 Oktober 2020 | 08:30 WIB

Joox Parade Lima

Tanpa terasa, lima tahun sudah layanan streaming musik Joox hadir di Indonesia. Di usia yang bukan 'balita' ini, Joox pun memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memilih dan mengatur lagu yang ingin didengarkan, kapan pun dan di mana pun.

Dalam kurun waktu setengah dasawarsa ini pula industri musik Indonesia makin meriah. Banyak musisi baru muncul, demikian juga genre dan jenis musik yang kian beragam. Walhasil katalog lagu Indonesia juga makin meluas, demikian pula akses musiknya.

Berbeda dengan dulu, untuk mendengarkan musik harus membeli CD atau kaset dari musisi favorit. Kini melalui platform streaming musik, pengguna bisa bebas memilih dan dapat mengontrol sendiri lagu apa yang ingin didengarkan. 

Yang unik, musisi Indonesia kini juga mulai naik daun dan mendominasi pasar. Masyarakat pun mulai menggandrungi musik lokal, apalagi jika terdapat kolaborasi musik-musik tradisional.

Era digitalisasi industri musik yang dinamis seperti sekarang ini tentunya membuka banyak peluang bagi musisi dan memperluas preferensi musik pendengar.

Yunita Agata (Head of Marketing Joox Indonesia) melalui konferensi pers virtual perayaan lima tahun Joox, Selasa (20/10/2020) menuturkan, Joox akan terus memperkaya koleksi lagu dari berbagai genre musik, termasuk indie, dangdut, dan K-Pop.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Peter May (Head of Joox Indonesia) menyampaikan bahwa Joox melihat pengguna makin menggandrungi musik Indonesia seiring dengan meningkatnya local pride masyarakat.

Hal ini, menurut Peter, dapat dilihat dari total konsumsi lagu Indonesia yang meroket 300 persen, dibandingkan tahun pertama Joox di Indonesia. Di tahun 2020 ini, lagu Indonesia menduduki 80% top chart Joox, empat kali lipat dari tahun 2016.

Peter mengungkapkan, musik dangdut saat ini juga semakin diapresiasi oleh seluruh kalangan masyarakat dari segala usia, yang ditandai dengan kenaikan konsumsi hingga 3 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Senada dengan musik dangdut, Joox juga melihat perkembangan signifikan dari musisi-musisi indie. Perkembangan tersebut tentu memotivasi Joox untuk menjadi Tuan Rumah Musik di Indonesia, yang menghadirkan beragam jenis musik sesuai selera masyarakat melalui fitur-fitur interaktif.