Rayakan 3 Tahun di Indonesia, TikTok Kampanyekan #SamaSamaDariTiktok

Jumat, 18 September 2020 | 16:39

Rayakan 3 Tahun di Indonesia, TikTok Kampanyekan #SamaSamaDariTiktok (ilustrasi)

HAI-Online.com - Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-3 di Indonesia, TikTok, platform video singkat terdepan di dunia meluncurkan kampanye baru .

Pesan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap kreator konten, pelaku industri dan penikmat TikTok selama ini yang telah bersama-sama menjadikan TikTok tidak hanya wadah kreativitas tetapi juga memberikan dampak pada tren.

"Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kreativitas pengguna TikTok tidak hanya untuk menghibur tetapi juga memberikan rasa saling terhubung, dan saling menyemangati selama masa pandemi Covid-19 ini," kata Angga Anugrah Putra, selaku Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia dalam siaran tertulisnya, Jumat (18/9/2020).

Baca Juga: Tatiana Maslany Resmi Gabung MCU, Mark Ruffalo Sambut Pemeran She-Hulk

Untuk itu, buat yang sama sama eksis dari TikTok jadikan perayaan tiga tahun ini menjadi lebih seru lagi.

"Kami berterima kasih karena selama 3 tahun TikTok telah menjadi rumah bagi kreativitas masyarakat Indonesia," tambahnya.

Nah, #SamaSamadariTikTok merupakan sebuah kampanye untuk merayakan tren yang berawal dari TikTok. Mulai dari kesuksesan para kreator TikTok yang karyanya sudah dikenal banyak orang melalui konten mereka di TikTok, tren hashtag challenge yang menginspirasi, hingga musik dari Indonesia yang semakin dikenal dunia.

Sebagai pengingat #SamaSamadariTikTok, rangkaian tantangan tagar ini adalah yang udah berhasil memberikan pengaruh besar dalam ciptakan tren di TikTok:

Fitur kolaborasi

Siapa yang mengira, selama di rumah aja kita tetap bisa berduet dengan teman dan erbagai musisi serta penyanyi berbakat dari negara lain, termasuk dengan artis idola kita?

Fitur Duet di TikTok memungkinkan kreator untuk saling berkolaborasi menciptakan kreativitas baru.

Penyanyi Yura Yunita misalnya, pelantun Harus Bahagia itu pernah menggunakan fitur ini dengan tagar #duetdirumah untuk terus berkarya bersama para pengguna TikTok lainnya.

Francis Karel, penyanyi asal Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat juga pernah mengikuti tantangan duet dari penyanyi Meghan Trainor, dan mendapatkan video balasan langsung sehingga memuji penapilannya.

Bukan hanya untuk bernyanyi, tapi juga untuk saling berbalas konten. Fitur #balaskomentar pun juga menjadi salah satu yang paling sering digunakan untuk saling terhubung dengan pengguna lainnya secara langsung.

Dari "Lathi" hingga lagu KPop

Video klip Lathi dari Weird Geniusternyata menginspirasi para kreator untuk merekonstruksi adegan transisi di video tersebut menjadi versi mereka sendiri, yang akhirnya membuat lagu ini menjadi salah satu yang paling populer di TikTok.

Lagu "Bagaikan Langit" dari Potret juga kembali terkenal setelah ramai dipadukan dengan fitur Focus on Me, dan menjadi tren di kalangan kreator luar negeri, termasuk Howie Mandeldan akun resmi NBA.

Nggak ketinggalan, lagu K-Pop seperti "Anysong" dari ZICO dan "How You Like That" dari Blackpink juga bikin banyak orang bergerak ngikutin gayanya sehingga lagu ini menempati posisi teratas.

Baca Juga: Dita Karang Member Secret Number dari Indonesia, Dulu Cover 2NE1 Kini Jadi K-Pop Idol

Kebersamaan di tantangan #SamaSamaBelajar

Yang paling seru dan sekaligus haru, selama pandemi dimana semua orang harus tetap di rumah ternyata tidak menyurutkan kreativitas pengguna untuk menciptakan berbagai konten.

Tantangan #SamaSamaBelajar pun menjadi tren tersendiri dengan munculnya konten yang memberikan beragam tips, mulai dari cara mengerjakan soal matematika, trik fotografi dan video, hingga belajar bahasa asing.

Tantangan seperti #wipeitdowndan #passthebrush juga ramai diikuti dan dikembangkan para kreator, memperlihatkan kreativitas yang tanpa batas.

Komedi, edukasi dan kuliner sebagai konten teratas

Nah, orang Indonesia memang terkenal sebagai bangsa yang humoris, dan itu terlihat dari munculnya berbagai jenis konten komedi yang ada di TikTok -mulai dari sketsa, parodi, hingga stand-up comedy.

Diam di rumah juga nampaknya membuat para kreator senang berbagai pengetahuan dan skillnya, menjadikan konten edukasi sebagai salah satu konten yang paling banyak diunggah di TikTok.

Dan siapa yang nggak kenal kopi dalgona? Berawal dari unggahan resep kreator, kopi ini pun ramai dicoba oleh banyak orang dan dinobatkan sebagai Kopi TikTok.

Kreator baru dari berbagai segmen

Semangat "sama-sama beda, sama-sama di TikTok" terlihat dari berbagai kreator yang naik daun tahun ini.

Ada Jharna Bhagwaniyang tawarkan konten beauty, Fadlan Holaodari konten komedi mba-mba toko yang berhasil memulai karirnya di industri hiburan, Christina Liedengan berbagai tips soal bisnis, Jebunggyang berhasil memukau kreator di seluruh dunia dengan suara merdunya hingga Hokagaydari konten kuliner.

"Awal saya menggunakan TikTok sebenarnya lebih karena passion saya dalam kuliner. Tapi sekarang TikTok telah menjadi landasan untuk mencapai mimpi-mimpi saya. Dengan fitur editing yang lengkap serta komunitas TikTok yang erat, saya bisa mewujudkan kreatifitas saya di bidang kuliner sekaligus wujudkan mimpi saya untuk berduet dengan Chef Arnold idola saya," kata Stacey, kreator dari segmen kuliner yang lebih dikenal dengan nama Hokagay.

Baca Juga: Narasi TV Kembali Hadirkan Playfest Series untuk Ultah Ke-3, Sajikan Beragam Konten Virtual Seru

Stacey merupakan sarjana lulusan psikologi dan sempat lama berkarir di sektor sosial. Dan baru-baru ini kreator yang sering dipanggil Bunda ini, berkesempatan berduet dengan Chef Arnold yang videonya akan segera tayang di akun koki ternama tersebut.

"Para kreator hingga musisi berangkat dari platform yang sama, yaitu TikTok, dan berhasil mengubah kehidupan mereka dan orang-orang sekitar mereka melalui kreativitas serta bakat yang mereka miliki. Kami berharap ke depannya, TikTok tidak hanya tetap menjadi wadah yang menginspirasi tetapi juga menciptakan tren tidak hanya di Indonesia tetapi juga mencapai benua lain." kata Fandhy Thesia, Marketing Manager TikTok Indonesia.

Semoga tahun keempat, giliran kamu yang moncer dari TikTok ya guys! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya