Kurangi 2 Jam Bermain di Media Sosial, Hidup Lo Bakal Tenang dan Bisa Jadi Pemenang!

Kamis, 17 September 2020 | 14:01

Kurangi 2 Jam Bermain di Media Sosial, Hidup Lo Bakal Tenang dan Bisa Jadi Pemenang!

HAI-Online.com- Algoritma dan kecerdasan buatan (IA) media sosial telah mengubah carahidup banyak orang.
Sebagian yang bijak udah bisa tuh, hidup tenang, santuy menjalaninya, bahkan nggak sedikit yang mendapat manfaat dan keuntungan memainkannya, sampau mereka pun bisa merasakan efek kenikmatan bermedia sosial.
Tapi kebanyakan sih yang masih belom sadar bahwa sebuah mesin di Media Sosial udah mampu menyerap kecerdasan manusia yang dikelompokkan menjadi sebuah algorithma Artificial Intelligence atau dalam Bahasa Indonesia adalah sebuah sistem kecerdasan buatan.
Nah, simpelnya, mesin ini nggak mau pengguna medsos jauh-jauh sama kamu.
Makanya, dia sering banget ngasih gambar atau postingan yang kamu suka selama ini.
Fitur "rekomendasi" konten adalah salah satu yang paling diminati para pengguna medsos.
Nggak heran, ada aja gambar bagus yang bikin kita jadi betah ngeklik ini itu, sampai-sampai nggak kerasa udah sejam, empat jam bahkan seharian bersamanya.
Wah, udah kebanyakan tuh, main medsosnya. Padahal menurut riset psikologi, bermain medsos lebih dari dua jam udah cukup mengubah fungsi otak netizen. Ibarat nyedot sabu, main medsos selama 2 jam udah bisa tuh bikin kamu "fly" alias melayang.
Kok bisa? Nggak usah dibuktiin pake keduanya, mending dari sekarang cobain deh kurangin dua jam bermain media sosial, insyaAllah efek buruk ini bakal berkurang.

Selfie mulu

1. Batal kecanduan Semakin teratur kamu menggunakan media sosial, semakin kamu akan sulit untuk berhenti. Hal ini dikarenakan otak mulai menyukai hal tersebut.

Banyak views, taburan likes dan emoji love. Nah, kalo kamu bisa ngurangin bawa perasaan (baper) itu, maka otak kamu tersadarkan untuk tidak sepenuhnya kecanduan pada media sosial.

2. Balikin Perhatian

Ketika kamu terpaku pada ponsel, bukan cuma sulit, namun nggak ada lagi tuh, perhatian pada hal-hal yang sebenarnya terjadi di sekitar.

Terlalu lama bermain media sosialbakal mempengaruhi pekerjaan sehari-hari kamu. Fokus belajar keganggu, ngejar impian jadi nggak fokus.

Nah, membalikkan konsentrasi itu harus dibarengi dengan mengurangi waktu bermain medsos.

Buat yang baru, coba dulu budgetin berapa lama ngescroll fan jam berapa aja kamu melihat akun-akun favorit di medsos.

Kalo butuh pengingat durasi, gunakan alarm untuk time keeper. Kalo berhasil menjalankan cara ngurangin main medsos sendirian ini, maka boleh dibikang kamu udah setengah berhasil. Setidakny konsentrasi kamu gak melulu konten di medsos.

Baca Juga: Adhisty Zara Butuh Waktu untuk Klarifikasi Video Grepe yang Menjatuhkan Nama Baik dan Keluarganya

3. Mental jadi nggak cepat lelah

Menghabiskan waktu selama berjam-jam di media sosial bisa bikin mental kamu merasa sangat lelah. Otak dan mental yang kelelahan ini bakal mempengaruhi hal penting lainnya dalam kehidupan.

Cobalah kembalikan fungsi mental kesemula, sembuhkan dengan cara memguranginya. Kamu bakal bisa setidaknya merespon hal penting di sekitarmu.

Sapaan tetangga, senyuman orang lewat, dan teguran dari orangtua dan kerabat jadi lebih didengar baik-baik.

Jangan main medsos melulu dong

4. Kamu bebas dari rasa tertekan

Tanpa disadari, ketika melihat segala sesuatu yang indah di media sosial, hal itu dapat mempengaruhi perasaan dan bagaimana cara kita bertindak.

Banyak orang telah mengalami depresi akibat melihat sesuatu di media sosial yang seringnya membandingkan, bahkan suatu ketika kamu bisa jauh dari rasamenyukuri dan malah merasa kehilangan.

Cobalah mencari kebahagian bukan hanya dari media sosial. Sesekali boleh, tapi untuk selalu membumi, kamu harus sering melihat gambar yang kotor, jorok, berantakan yaitu kamar kamu sendiri.

Nggak usah tertekan, sedikit mengurnagi main-main di medsos bisa membebaskan tekanan, kok. Cobain deh!

5. Yuk rasakan lagi kenyataan

Ketika bermain di media sosial, kamu udah kehilangan banyak kontak dengan bagaimana manusia berkomunikasi secara nyata.

Media sosial bisa mengganggu hubungan interpersonal kamu dan inilah saatnya mempertimbangkan kembali jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain media sosial.

Mengurangi waktu di media sosial akan menambah waktumu di dunia nyata. Itulah, kehidupan kamu yang sebenarnya, rasakan dan hidup bersamanya, bukan dengan orang yang seringvmuncul di timeline yang kamu kasih respon atau komentar. Dia lagi jauh entah dimana? Justru yang dekat adalah orang di sekitarmu sekarang, mungkin dia yang perlu diperhatikan, diberi sapaan, atau sekadar dibalas sapaannya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya