HAI-ONLINE.COM - Buat yang tinggal di Jabodetabek, kayaknya pasti pernah nyobain Momomaru. Yaa minimal denger namanya lah.Kuliner online ini emang lagi hits banget. Lewat menu salmon mentai dan Korean Garlic Cheese Bread, Momomaru bisa dapet orderan rata-rata 200 porsi perharinya. Toh, siapa sangka kesuksesan Momomaru cuma berawal dari 6 porsi saja.Hal itu diceritakan oleh Lia Ganni, salah satu founder Momomaru.Dalam Reconnect Youth Talks: Skill Development for Employment and Entrepreneurship yang diselenggarakan bekerja sama dengan International Labour Organization (ILO), Sabtu (12/9), Lia mengaku bersama partner bisnisnya, Ira, membangun Momomaru pada 2019.Awalnya, cuma bikin 6 porsi aja. "Itupun 4 porsi dimakan sendiri," paparnya.Kenapa dimakan sendiri (dan sampe 4 porsi)? Karena lidah yang bikin harus mengakui yang dia ciptakan itu enak dulu. Setelahnya, pasti orang lain suka dan order.Perlahan tapi pasti lewat serangkaian promo di media sosial, Momomaru kebanjiran order. Akhirnya nggak cukup cuma berdua, mereka pun kini hire karyawan."Kini total udah punya 9 karyawan," ucap Lia yang kini Momomaru juga punya kedai di Kemang.Lia, yang sampai sekarang masih berstatus sebagai karyawan, membuktikan entrepreneurship dan employment bisa berjalan berbarengan.
Baca Juga: Dua Passion Berseberangan Ternyata Bisa Jadi Satu Kalo Nemu 'Missing Link', Seperti Ini Contohnya
"Malah cukup beruntung karena tempat kerjaku sangat mendukung usahaku, dan bantu untuk order di awal Momomaru berdiri," katanya.Youth Talks: Skill Development for Employment and Entrepreneurship juga menghadirkan Tendy Gunawan, staf ILO untuk ketenagakerjaan muda.Kak Tendy berbagi ilmu soal ketenagakerjaan dan kewirausahaan, termasuk berbagi tips."Pilihlah jurusan kuliah yang memang sudah jelas akan menjadi apa ketika lulus nanti, dan pastikan ilmunya tidak sia-sia dengan bekerja di tempat yang sesuai dengan yang dipelajari di kampus," katanya.Youth Talks: Skill Development for Employment and Entrepreneurship adalah bagian dari Reconnect, online youth festival hasil kolaborasi HAI dan Cewekbanget.id. Festival ini dibuat untuk menghubungkan serta membangkitkan semangat dan potensi para remaja Indonesia di tengah pandemi.Selain itu, festival ini mendorong anak muda untuk tetap optimis menyambut masa depan melalui virtual common ground dengan semangat edutainment with attitude.