Sering Dilakukan, Memanaskan Motor dalam Ruangan Berbahaya Bagi Kesehatan

Selasa, 07 Juli 2020 | 20:40
Pexels

Ilustrasi sepeda motor

HAI-Online.com -Selama ini, hampir sebagian besar dari kita pasti memanasi sepeda motor di dalam rumah, padahal hal tersebut dapat membahayakan kesehatan.

Fakta mengenai bahaya memanasi sepeda motor di dalam ruangan ini sendiri disampaikan Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno.

Endro mengatakan, bahaya tersebut muncul dari adanya gas karbon monoksida yang dihasilkan dari pembakaran, ketika sepeda motor dipanasi.

“Kalau kita panaskan motor di dalam ruangan, apalagi tertutup, gas karbon monoksida dari knalpot akan berputar-putar di ruangan tersebut. Jika terhirup, bisa keracunan,” ujar Endro seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Navicula Bikin Album Tribute untuk Band Indonesia 90an, Keuntungannya Bakal Buat Bantu Produksi Hand Sanitizer di Bali

Sementara itu, dokter Rumah Sakit Al-Huda di Banyuwangi, Febrina Sugianto mengatakan bahwa efek dari menghirup karbon monoksida dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan.

Masalah kesehatan yang bisa muncul akibat menghirup antara lain, sakit kepala, mual, muntah, sampai dengan penurunan kesadaran.

"Pada kadar tinggi, menghirup karbon monoksida dapat menyebabkan keracunan dan berujung kematian. Sedangkan pajanan karbon monoksida dalam tingkat sedang, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung,”jelas Febrina.

Tuh, dengerin sob! Jadi, mulai sekarang kalau mau manasin sepeda motor di luar ruangan aja ya. (*)

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Ada Bahaya Mengintai saat Memanaskan Motor di Dalam Ruangan".

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya