Seperti Ini Kompetisi Olahraga Digelar Ketika New Normal, Dari Nggak ada Penonton Hingga Maskeran

Kamis, 25 Juni 2020 | 20:00
INSTAGRAM/UFC

UFC di era new normal

HAI-Online.com -Meski pandemi virus corona belum juga berakhir, negara-negara di dunia saat ini mulai memasuki era new normal supaya roda ekonomi bisa kembali berjalan dengan normal.

Sudah diizinkan kembali beraktivitas seperti biasa, seluruh sektor biasanya dibekali dengan protokol kesehatan untuk mencegah makin meluasnya virus corona, termasuk dalam dunia olahraga.

Baca Juga: Balik Nge-Punk, Nidji Baru Mau Memulai Karier Band dari Nol Lagi

Protokol-protokol kesehatan yang diterapkan ini tentunya membuat pertandingan olahraga menjadi terasa berbeda jauh jika dibandingkan sebelum Covid-19 menyerang.

Apa saja sih perbedaannya? Berikut HAI udah merangkum sejumlah perbedaan yang terjadi di dalam dunia olahraga, sebelum dan ketika memasuki era new normal.

Baca Juga: Hemat, Ini 5 Skutik Bekas Terbaik yang Harganya Kurang Dari Rp 5 Juta

1. Sepak Bola

Jika kita disuguhkan dengan sorak riuh penonton saat laga berlangsung, era new normal membuat sepak bola seperti layaknya sayur tanpa garam.

Beberapa liga sepak bola dunia memilih untuk mengganti penonton dengan kardus-kardus berbentuk manusia, ada juga yang menggunakan pemutar suara sebagai pengganti sorak riuh penonton, seperti yang dilakukan Liga Spanyol.

Di Inggris, para pemain dan staff diminta untuk melakukan tes Covid-19 setiap pekan agar stadion tetap steril dari virus corona untuk menjaga keselamatan dan keamanan semua elemen.

Selain itu, tim medis yang masuk ke dalam lapangan tempat pertandingan dimainkan wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika memberi perawatan kepada pemain yang mengalami masalah.

Ball boy yang selama ini memasok bola ke pemain pun juga dihilangkan dan diganti dengan mesin khusus dengan cairan disinfektan yang akan otomatis keluar saat hendak dipakai.

Baca Juga: Awas, Hacker Ternyata Bisa Sadap Percakapan Lewat Lampu Bohlam dalam Ruangan

2. MotoGP

Di tengah pandemivirus coronayang hingga saat ini masih juga belum berakhir, MotoGP akhirnya resmi mengeluarkan jadwal seri balapan terbaru.

Dalam daftar jadwal terbaru MotoGP 2020, rencananya akan ada 13 seri balapan yang bergulir dengan memakai beberapa lokasi sirkuit di Eropa.

MotoGP 2020 rencananya akan kembali bergulir mulai 19 Juli 2020 dengan mengambil lokasi di sirkuit Jerez, yang mana akan terdapat rangkaian tes resmi pada 15 Juli di sirkuit tersebut.

Untuk memastikan keamanan dan keselamatan anggota tim, pihak MotoGP memutuskan untuk menggelar seri perdana mereka usai dihantam pandemi virus corona tanpa kehadiran penonton.

Baca Juga: Jarang Orang Tahu, Makan Semangka dengan Rongga Besar di Dalamnya Bisa Picu Penyakit Mematikan

3. UFC

Untuk UFC, sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan di antaranya melakukan tes Covid-19, pemakaian masker bagi semua yang terlibat di pertandingan, hingga penyemprotan cairan disinfektan pada tiap sudut arena Octagon.

Menariknya, meskipun digelar secara tertutup tanpa adanya penonton, pertarungan UFC 249 beberapa waktu lalu tetap menarik perhatian banyak pihak, tak terkecuali sponsor.

Wah, emang nggak bakal seseru biasanya sih sob! Maka dari itu, kita doain aja deh agar pandemi ini bisa segera berakhir sehingga semua dapat kembali berjalan normal seperti semula. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya