Heboh Babi Hutan Aneh dengan Jari Kaki Mirip Ayam di Banyumas, Begini Penjelasan Ahli

Selasa, 16 Juni 2020 | 19:00
KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN

Babi berkaki aneh di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (15/6).

HAI-Online.com -Baru-baru ini, masyarakat Banyumas dibuat heboh dengan babi hutan milik salah seorang warga bernama Tukirin alias Bawor yang memiliki keanehan pada bagian jari kakinya.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, babi hutan yang ditemukan Bawor sekitar tiga bulan lalu itu mempunyai keunikan, yaitu jari kakinya mirip seperti ayam.

Selain itu, babi hutan aneh tersebut juga hanya mau makan nasi matang dan lauk dengan ditemani minuman seperti teh ataupun kopi.

"Ada celeng (babi hutan) kok kakinya seperti ini. Saya lihat kok jarinya ada empat, kaki depan empat, kaki belakang empat," ujar Bawor ketika ditemui di rumahnya pada Senin (15/6) kemarin.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru Nggak Berubah, Berikut Jadwal Resmi Masuk Sekolah dari Kemendikbud

Belum berhenti sampai di situ, taring babi hutan milik Bawor ini juga terbilang aneh karena nggak tumbuh ke atas seperti pada umumnya, melainkan ke samping.

"Kalau yang ini tiap pagi saya kasih makan nasi hangat sama rica-rica daging celeng. Habis itu dikasih minum teh atau kopi, air putih mentah enggak mau," kata Bawor.

KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN

Babi berkaki aneh di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (15/6).

Melihat fenomena tersebut, Kepala BKSDA Cilacap Dedi Rusyanto mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang dapat memicu keanehan pada babi hutan milik Bawor.

Dedi menjelaskan, kelainan tersebut bisa dipicu perkawinan sedarah ataupun gangguan kehamilan pada induk karena mengalami luka saat dikejar predator di habitatnya.

Baca Juga: Kita Nggak Sendiri, Ilmuwan Sebut Ada 30 Peradaban Alien di Galaksi Bima Sakti

"Tapi biasanya lebih condong atau mendekati karena faktor genetika, karena dekatnya perkawinan keluarga indukan. Itu kan bisa terjadi juga pada manusia dan tumbuhan," jelas Dedi

Mengenai makanan yang juga terbilang nggak lazim, Dedi menduga babi hutan itu mengalami stres dan nantinya akan kembali normal seperti teman-temannya yang lain. (*)

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Geger Babi Hutan Aneh di Banyumas, Gemar Makan Nasi dan Teh, Berjari Seperti Ayam, Ini Kata Ahli".

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya