Penampakan Tambang Garam Paling Megah di Polandia, Semuanya Terbuat dari Garam!

Selasa, 02 Juni 2020 | 15:35
travelist.pl

Tambang garam Wieliczka

HAI-Online.com -Semua orang pasti pernah melihat garam, terlebih yang suka masak atau camping -untuk menjaga ular mendekati tenda.

Pernah kebayang nggak sih sob, bagaimana sebenarnya bentuk tambang garam itu sendiri? Ternyata di antara banyak tambang garam di seluruh dunia, ada satu yang unik dan keren banget.

Tambang garam itu bernama Wieliczka yang terletak di dekat Krakow, Polandia.

Baca Juga: Kerumunan Pendaki di Bukit Alas Bandawasa Saat PSBB Ini Viral, Pemkab Bogor Siap Bubarkan

Yap, foto yang kamu lihat di header artikel ini adalah bagian dari tambang ini lho.

Bahkan tambang garam Wieliczka ini menjadi salah satu situs warisan dunia pertama yang masuk catatan UNESCO.

BoredPanda

Tambang garam Wielczka

Gimana nggak masuk, tambang yang mencapai kedalaman 326m ini punya danau bawah tanah, 2000 ruangan, dan kapel yang dilengkapi dengan lampu gantung megah.

Hal yang lebih menariknya lagi, semua barang maupun dekorasi yang ada di dalam tambang yang megang ini terbuat dari garam.

Untuknya sejarahnya, tambang garam Wieliczka ini dulu disebut sebagai Magnum sal atau the Great Salt. Pada abad ke-13, tambang ini menjadi sumber garam terbesar di Polandia.

Menurut informasi yang HAI lansir dari BoredPanda, dulunya ada 300 - 350 penambang garam yang bekerja di sini dan produksinya bisa mencapai 8 ton setiap tahunnya.

Baca Juga: Yang Ngadi-ngadi, Ini Kumpulan Celana Dalem Cowok yang Ekstrim

Mengejutkannya, kegiatan menambang masih dilakukan hingga hari ini. Namun tugasnya untuk melindung are bersejarah tambang ini; mengisi ulang rongga-rongga kosong sampai mengelola kebocoran air tawar.

BoredPanda

Turis di tambang garam Wieliczka

Para turis saat ini juga sebenarnya hanya bisa mengunjungi dua persen dari total keseluruhan tambang ini, bayangin betapa besarnya.

Baca Juga: Intip Masjid Terunik di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia, Bikin Takjub!

Koridor dari tambang garam ini aslinya berbentuk semua labirin seluas 151m yang terdiri dari sembilan level dan yang paling bawah berlokasi 326m di bawah tanah.

Namun meskipun begitu, Wieliczka ini menduduki posisi nomor lima tambang garam terbesar. Karena nomor satunya ditempati oleh tambang garam Ontario yang berlokasi 546m di bawah danau Huron.

Editor : Al Sobry

Sumber : BoredPanda

Baca Lainnya