Sibuk Work From Home Melulu, Ini Tips Menjaga Badan Tetap Fit Terus!

Rabu, 27 Mei 2020 | 22:00

Sibuk Work From Home Melulu, nih Tips Menjaga Badan Tetap Fit Terus!

HAI-Online.com- Sudah lebih dari dua bulan, masyarakat Indonesia menerapkan kerja dari rumah alias work from home (WFH) selama masa pandemi COVID-19.

Coba, siapa yang berani menghitung sudah berapa kali olahraga di rumah sambil tetap menjalankan kebijakan WFH.
Wah, yang diingat cuma bosen dan stress aja nih kerja melulu nagai kuda tapi badan nggak dijaga.
Baca Juga: Impulsive Buying: Kebiasaan Boros yang Susah Direm, Apalagi Selama Pandemi
Ternyata betul, kebijakan WFH mempengaruhi rutinitas kegiatan sehari-hari kita, nggak heran mulai terlihat adanya ketegangan, stres atau kecemasan.
Nah, buat kamu yang WFH melulu, nih ada tips dari atlit Olimpiade Inggris sekaligus Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife Nutrition, Samantha Clayton, biar kamu seimbang, kerja iya, jaga kebugaran badan juga jalan.
Dia bilang, bekerja dari rumah adalah sebuah
pengalaman barubagi sebagian orang di dunia, ternyata perubahan kebiasaan ini malah bikin banyak orang lebih sibuk sepanjang hari dibanding waktu normal. Nggak heran, banyak yang melewatkan kesempatan untuk tetap menjaga kebugaran.
Inilah sebabnya mengapa penting untuk menemukan cara-cara kreatif agar dapat tetap berolahraga di tengah kewajiban WFH.
Yuk, ubah kebiasaan buruk kerja di rumah dengan mengembalikan rutinitas atau budaya kerja seperti di kantor, juga menjaga kebiasan baik berolahraga untuk yang mau mencapai tingkat kebugaran yang stabil.
"Hal ini untuk menghindari munculnya kebiasaan buruk yang akan menghambatmotivasi bekerja kamu. Mungkin kamu akan merasa ‘tergoda’ untuk bekerja dari atas tempat tidur dengan masih pakai baju tidur. Tapi ubah kebiasaan, sebelum kamu melakukannya, perlu diketahui bahwa apa yang akan kamu lakukan ini dapat merusak kebiasaan kerja dan menciptakan suasana kerja yang kurang bagus," ujar Samantha.
Nah, akan lebih baik kalo kamu tetap konsisten melakukan rutinitas kerja ‘normal’ seperti ketika berangkat ke kantor, dengan tetap bangun pagi, mandi, berpakaian kerja, minum kopi atau teh, mengatur meja kerja seperti biasanya.
Baca Juga: Sambut New Normal, Susunan Kursi Teater di Jerman Dimodif Berjarak Nih
Menjaga rasa ‘normal’ ini akan membantu kamu tetap fokus pada tugas-tugas yang ada.
Adapun untuk tips menjaga badan tetap fit selama WFH, berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kebugaran di sela bekerja dari rumah.
1.Utamanya Anggap Olahraga Itu untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Positif
Meskipun kamu lebih peduli untuk menyelesaikan pekerjaan daripada melakukan olahraga, sebenarnya kamu tetap perlu lho menyediakan waktu selama 30 menit saja setiap hari untuk berolahraga.
Kalo rutin dilakuka bahkan menjadi bagian dari jadwal harian kamu, nantinya olahraga bakal menjadi sesuatu yang kamu butuhkan di tengah hari-hari kerja yang monoton.
Sebagai tambahan, ada penelitian yang menghubungkan duduk untuk waktu yang lama dengan sejumlah masalah kesehatan yang dapat timbul seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular dan nyeri punggung.
Bahkan kalo ‘menjaga kesehatan’ bukan menjadi prioritas bagi kamu, cukup tahu saja tubuh juha akan secara alami melakukan pelepasan endorfin selama melakukan olahraga bikin mood kerja naik.
2. Berolahraga sambil Bekerja, gimana caranya?
Berikut adalah lima latihan yang gampang dilakukan sambil kamu melakuka aktivitas bekerja dari rumah bahkan nggak perlu cabut dsri meja kerja kamu, guys!

Berolahraga sambil bekerja itu gampang gampang susah

Atur Alarm
Cobalah mengaktifkan alarm pengingat pada jam-jam awal bekerja, di tengah atau akhir setiap jam. Atur alarm di ponsel kamu selama beraktivitas beberapa menit.
Gerakannya bebas, kamu bisa pilih melakukan 1 menit untuk sit-up, 60 berjongkok atau 20 kali push-up. Jangan lupa, atur waktu untuk istirahat dari pekerjaan dan deadline untuk sekadar membuat tubuh kamu bergerak dan mengembalikan mood yang akan membantu menjaga energi sepanjang hari.
Meregangkan Tubuh Bagian Atas
Bagian paling jarang gerak adalah dari badan ke atas kepala. Nah, sebaiknya mulai latihan untuk memanaskan otot-otot bagian atas dengan peregangan tubuh seperti angkat lengan ke atas kepala, streching sampai kamu merasakannya di dada dan bisep.
Peregangan ini membantu menghilangkan stres dan mengencangkan otot juga.
•Terima Telpon sambil Berdiri
Cobalah untuk menerima telpon sambil berjalan-jalan atau melakukansquat, lebih baik gunakan handsfree di telinga biar kamu gampang bergerak.
Menekuk lutut juga bisa melatih otot dan paha kamu selama ngobrol di telpon. Gerakan ke depan dengan menjatuhkan pinggul kamu ke lantai, berganti-ganti kaki.
Sit-up duduk
Gerakkan perut kamu sambil duduk di kursi kerja. Jaga punggung kamu biar tetap lurus
dan posisi tangan kamu di belakang kepala, lalu angkat lutut ke siku, berganti-ganti kaki.
• Gerakkan Pergelangan Kaki
Pertahankan juga aliran darah kamu dengan melakukan beberapa pergelangan kaki sederhana untuk mendukung sirkulasi kesehatan.
Jangan Lupa Lakukan Diet Seimbang
Nah, mengelola rutinitas olahraga, ditambah mengonsumsi makanan sehat dan cukup untuk istirahat adalah beberapa cara terbaik yang dapat kamu lakukan di rumah, untuk apa? Ya, untuk mendapatkan hasil fisik dan emosional terbaik.
Mengkonsumsi cemilan sehat sepanjang hari dengan asupan buah-buahan, keju, dan yogurt tidak hanya akan membuat kamu kenyang, tetapi juga mudah untuk dinikmati ketika kamu lupa waktu karena bekerja sepanjang hari.
Selain itu, diet seimbang dengan banyak protein akan membuat Anda merasa kenyang
sehingga kami tidak terus-menerus buka lemari es.
“Jangan lupa bahwa bekerja dari rumah bukan berarti kamu tidak boleh melampaui batas, pastikan kamu meluangkan waktu ekstra ini di rumah untuk beristirahat dan bersantai,” tutup Samantha. (*)

Editor : Al Sobry