Heboh Isu Meteor Jatuh di Surabaya, Madura dan Papua, Pakar Beri Klarifikasi dan Ungkap Fakta di Baliknya

Sabtu, 16 Mei 2020 | 09:00
Pixabay

Ilustrasi meteor

Heboh Isu Meteor Jatuh di Surabaya, Madura dan Papua, Pakar Beri Klarifikasi dan Ungkap Fakta di Baliknya

GridHITS.ID-Sempat membuat heboh di media sosial kabar soal meteor jatuh di tiga daerah di Indonesia seperti, Surabaya, Madura dan Papua.

Apakah kabar tersebut benar adanya?

Sejumlah pengguna Twitter mengunggah video yang sama, dengan narasi yang berbeda-beda.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik Hampir 50 Persen, Anak Buah Presiden Jokowi Umbar Janji Takkan Ada Lagi Penolakan Pasien

Baca Juga: Dulu Heboh Saat Putuskan Hengkang dari OVJ, Ternyata Aziz Gagap Punya Alasan Sendiri Pilih Kembali Isi Program TV, Singgung Soal Masalah Ekonomi di Masa Pandemi

Salah satu narasi yang mengikuti video itu dan viral di media sosial menyebutkan bahwa meteor tersebut jatuh di tiga tempat, yaitu Surabaya, Madura, dan Papua.

Sementara, dari suara yang terdengar dalam video menyebutkan bahwa video itu diambil di Sidosermo, Surabaya.

Twitter

Isu soal meteor jatuh di Indonesia

"Ya Allah Sidosermo Surabaya ya Allah.. Subhanal quddus.. Subhanal quddus.. Subhanal quddus.. Rabbanal quddus.. La ilaha illallah Muhammadar rasulullah...," kata orang dalam video tersebut.

Berikut narasi lengkap yang dibagikan bersama video tersebut, "Meteor jatuh di 3 tempat madura, dan Papua Serta Surabaya Dapat dri grup majelis. hoax atau engga ya??".

Twitter

Isu soal meteor yang jatuh di Indonesia

Pengguna Twitter lainnya, mengaku melihat meteor jatuh di wilayah Karawang.

Faktanya

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan bahwa informasi itu hoaks. Tidak benar ada meteor jatuh di wilayah Indonesia. Video yang beredar merupakan video yang disunting.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin mengatakan,dari penelusuran Lapan, ada video-video lain dengan narasi yang berbeda hingga ada yang versi bahasa Inggris.

Baca Juga: Dulu Heboh Saat Putuskan Hengkang dari OVJ, Ternyata Aziz Gagap Punya Alasan Sendiri Pilih Kembali Isi Program TV, Singgung Soal Masalah Ekonomi di Masa Pandemi

Baca Juga: Bikin Satu Indonesia Lega, Tokoh ini Ungkap Kenaikan Iuran BPJS Bisa Dibatalkan Lewat Jalur Hukum, ini Caranya

"Saya terima informasi pertama kali dengan video yang sama di Merauke, kemudian ada lagi yang mengirim video yang sama di Aceh, ada lagi yang mengirim dengan video yang sama di Jawa Timur, macam-macam," kata Thomas saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

Ia mengatakan, benda yang terlihat pada video itu bukan meteor, melainkan sampah antariksa yang jatuh ke bumi. Thomas juga memastikan, sampah antariksa itu tidak jatuh di wilayah Indonesia.

"Itu sampah antariksa yang jatuh di suatu tempat, bukan di Indonesia. Tapi saya belum menemukan kejadian persisnya di mana," kata dia.

Sampah antariksa biasanya bekas roket yang meluncurkan satelit. Setelah sekian lama, benda itu menjadi sampah antariksa dan masuk ke atmosfer.

Benda itu akan terbakar dan pecah ketika berada pada ketinggian sekitar 120 kilometer dari Bumi.

Baca Juga: Bikin Lega, Salah Satu Wilayah di Jateng yang Dipimpin Ganjar Pranowo Ini Sudah Tak Ada Kasus Corona

Baca Juga: Kontraversi Terapi Magnet untuk Kanker yang Dijalani Henky Solaiman, Kliniknya Ditutup dan Pengobatannya Dilarang Kemenkes karena Tak Ilmiah Pada 2015

Menurut Thomas, serpihan-serpihan yang terbakar di sekitar obyek yang terlihat pada video itu juga menguatkan bukti bahwa benda yang jatuh itu adalah sampah antariksa.

Namun, ia menyebutkan, kecil kemungkinan sampah antariksa jatuh di permukiman warga. "Kalau kena permukiman sih bahaya, tapi probabilitasnya kecil sekali. Bumi kan luas sekali. Selama ini belum ada kasus sampah antariksa yang jatuh di fasilitas manusia," kata Thomas.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "[HOAKS] Meteor Jatuh di Wilayah Indonesia")

Editor : Safira Dita

Sumber : kompas

Baca Lainnya