Find Us On Social Media :

Jadwal Kontrol dan Perawatan Pasien Jantung di Masa Pandemi Covid-19

Untuk perawatan pasien jantung, bila tidak ada keluhan, selama pandemi Covid-19 tak perlu ke dokter. Cukup melanjutkan minum obat saja.

GridHEALTH.id – Kabar kematian Didi Kempot yang diduga terkena serangan jantung menimbulkan kesedihan bagi para penggemarnya.

Betapa tidak, bak petir di siang hari bolong, kita tak pernah mendengar Didi Kempot punya penyakit jantung, tiba-tiba meninggal dunia.

Meskipun belum tentu ada hubungannya dengan pandemi virus corona yang sekarang sedang berlangsung, penyakit jantung atau masalah pembuluh darah jadi salah satu penyakit komorbid atau penyakit penyerta yang bisa memperburuk kondisi saat terinfeksi virus corona Covid-19.

Di saat virus corona bertebaran di luar, bagaimana perawatan pasien jantung, haruskah mereka pergi ke dokter? Apalagi mereka dengan riwayat sakit jantung harus selalu rutin kontrol ke rumah sakit.

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Vito A Damay, Sp.JP(K), M.Kes, FIGA, FICA, FAsCC, mengatakan bahwa dalam kondisi ini pasien penyakit jantung tidak perlu pergi ke rumah sakit saat kondisinya sehat dan terkontrol.

"Pernah operasi jantung, bypass, atau pasang ring, sebaiknya jika tidak ada keperluan sekali nggak perlu keluar rumah. Kerja di rumah, keluarga di rumah, olahraga di rumah," ujar dr. Vito melalui kanal Youtubenya, Kamis (26/3/2020).

Baca Juga: Didi Kempot Meninggal Dunia Diduga Serangan Jantung, Kenali 3 Jenis Serangan Jantung Paling Berisiko Kematian

 

Baca Juga: Minum Obat Saat Sahur, Sebelum Makan Atau Menjelang Imsak? Ini Penjelasannya

 

"Kita sarankan, memang apabila seseorang tidak punya gejala signifikan, artinya dia sudah berobat secara teratur untuk masalah jantungnya, maka jika tidak perlu datang ke rumah sakit, nggak perlu datang," lanjutnya.