Berbahaya Untuk Tubuh, Ini 4 Cara Mudah Mengurangi Efek Radiasi Ponsel

Senin, 04 Mei 2020 | 19:00
www.joe.ie

Ilustrasi radiasi HP

HAI-ONLINE.COM- Bukan hal baru lagi mengenai betapa bahayanya radiasi dari ponsel yang setiap hari, bahkan setiap saat kita gunakan ini.

Terlebih lagi di kondisi pandemi seperti ini, pastinya kita jadi lebih sering menggunakan ponsel ketimbang biasanya.

Untuk mengurangi bahaya radiasi dari ponsel yang selalu kita gunakan ini, HAI punya tipsnya nih sob. Apa aja? Langsung nih simak:

1. Gunakan Earphone ketika Menelepon

Ketika menelepon menggunakan ponsel, maka kita akan menempelkan ponsel ke telinga agar bisa mendengar suara lawan bicara dan agar bisa bicara lebih jelas.

Nah, saat menempelkan ponsel ke telinga, maka tubuh kita akan mendapatkan efek radiasi dari ponsel.

Untuk mengurangi efek radiasi yang masuk ke dalam tubuh saat menelepon, kamu bisa menggunakan earphone atau headphone.

freepik.com

earphone

Dengan menggunakan alat-alat tadi, kita nggak menyentuh langsung atau menempelkan ponsel ke telinga dan meletakkan ponsel jauh dari tubuh kita.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa meskipun menggunakan earphone, kita masih bisa mendapatkan efek radiasi yang menyalur dari kawat yang ada di dalamnya.

Namun efek radiasi yang dihasilkan oleh earphone levelnya sangat rendah dan jauh dari efek radiasi yang dihasilkan saat ponsel menempel langsung pada telinga.

2. Gunakan Mode Loud Speaker

Selain menggunakan alat bantu seperti earphone atau headphone, untuk mengurangi efek radiasi gadget, kamu juga bisa menggunakan mode loud speaker saat sedang menelepon.

Dengan menggunakan mode loud speaker, sama seperti saat menggunakan alat bantu,kamu bisa meletakkan ponsel jauh dari tubuh kita.

Nah, dengan begitu, efek radiasi yang didapatkan juga akan berkurang dibandingkan saat menempelkan ponsel di telinga.

Ketika sedang berada di tempat umum, mungkin hal ini bisa mengganggu orang di sekitar atau membuat kita nggak nyaman dalam bertelepon.

Untuk itu,kamu bisa mengantisipasi dengan mencari tempat yang nggak terlalu ramai dan banyak orang atau menelepon dalam waktu yang nggak terlalu lama.

3. Hindari Gunakan Gadget saat Perjalanan

Ketika sedang melakukan perjalanan, kita biasanya akan menggunakan ponsel untuk menonton video atau bermain game secara online untuk mengusir kebosanan.

Agar bisa terus terhubung dengan internet yang membuat aktivitas yang kita lakukan tadi lancar, ponsel akan terhubung ke menara pemancar atau menara seluler untuk mendapatkan sinyal.

Nah, ternyata saat mencoba untuk mendapatkan sinyal di tempat yang berbeda-beda, gadget akan memancarkan tingkat radiasi yang berbeda-beda.

Tingkat radiasi tertinggi adalah saat ponsel terhubung ke menara seluler untuk mendapatkan sinyal.

Radiasi gadget akan meningkat karena secara otomatis gadget akan meningkatkan dayanya untuk bekerja keras mencari sinyal dan mengeluarkan radiasi lebih banyak.

Selain itu, kita juga harus menghindari menggunakan di tempat yang susah mendapatkan sinyal, seperti lift, gedung, dan pedesaan.

4. Matikan Gadget saat Tidur

freepik/rawpixel

Bahaya tidur di dekat ponsel

Siapa yang sebelum dan sesudah tidur selalu memeriksa atau bermain menggunakan gadget terlebih dulu?

Banyak orang yang suka meletakkan gadget di dekat kepala maupun di bawah bantal saat tidur agar gadget mudah diambil.

Namun, sebaiknya mulai sekarang, letakkan gadget jauh dari tubuh kita dan matikan dayanya saja saat tidur, ya.

Ketika tidur, tubuh akan berada dalam keadaan beristirahat juga sehingga tubuh berada pada tingkat yang rentan terhadap racun dan radiasi lingkungan.

Hal ini disebabkan pertahanan tubuh dan proses perbaikan biologis juga akan ikut turun.

Saat gadget yang masih dalam keadaan menyala diletakkan dekat dengan tubuh kita, efek radiasinya juga akan dengan mudah mengenai tubuh, sob.

Maka itu, sebaiknya saat tidur, gadget yang kita miliki diletakkan jauh dari tubuh dan dimatikan dayanya.

Artikel ini pertama kali tayang di bobo.id dengan judul "Efek Radiasi dari Smartphone Berbahaya untuk Tubuh, 4 Cara Mudah Ini Bisa Kurangi Efeknya, Salah Satunya Memakai Earphone!"

Editor : Alvin Bahar

Sumber : bobo

Baca Lainnya