Ternyata Ini Penjelasan Kenapa Memejamkan Mata Membantu Mengingat Sesuatu

Kamis, 23 April 2020 | 18:00
iStockphoto

Ilustrasi memejamkan mata

HAI-ONLINE.COM- Ketika ingin mengingat sesuatu, pasti kamu sering memejamkan mata untuk membantu mengingatnya dan hal ini kerap kali berhasil.

Di antara banyak aca untuk mengingat sesuatu yang kamu lupakan, memejamkan mata memang menjadi cara paling ampuh.

Tapi kenapa ya, dengan memejamkan mata kita jadi lebih mudah mengingat sesuatu? Ada penjelasan ilmiahnya sob!

Setiap harinya, kita melihat dan mempelajari hal baru. Sehingga otak kita menyimpan banyak banget hal dan berubah menjadi gudang informasi.

Nah, untuk mencari informasi yang kita simpan beberapa waktu lalu, tentunya kita harus fokus. Saat mencoba fokus inilah, kita mulai memejamkan mata dan mengingat informasi lama.

Baca Juga: Ini 7 Quote Buku Tahunan SMA yang Bikin Ngakak Tapi Ngeselin Juga

Sebagaimana HAI lansir dari Bobo, memejamkan mata ternyata dilakukan agar nggak ada informasi tambahan yang kita dapatkan saat sedang mencoba mengingat informasi yang dibutuhkan.

Artinya, dengan memejamkan mata, kita menjadi lebih fokus karena informasi baru yang mungkin saja masuk saat membuka mata sudah diblokir.

Memejamkan mata membuat kita bisa menjawab pertanyaan dan mengingat menjadi lebih mudah karena bisa membantu memunculkan berbagai memori visual dari masa lalu.

Berbeda saat mata terbuka. Karena ketika mata kita terbuka, otak akan terus menyerap informasi tambahan dari mata dan membuat otak lebih sibuk memproses informasi baru.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : bobo

Baca Lainnya