Jangan Bandel Jajan Terus, Ini 5 Jenis Makanan Sumber Imunitas yang Bagus Tuk Cegah Corona

Minggu, 19 April 2020 | 17:05
Sajian Sedap

Resep Tumis Ayam Brokoli, Menu Sederhana Namun Lezat yang Cocok Untuk Sahur

HAI-ONLINE.COM - Saat ini, kekhawatiran akan infeksi virus corona semakin tinggi seiring bertambahnya jumlah yang terinfeksi.

Semua lembaga kesehatan di Indonesia maupun WHO selalu mengingatkan semua orang untuk hidup sehat, berolahraga dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kekebalan tubuh itu nggak rumit loh, hanya membutuhkan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Positif Dua Kali, Ini Kata WHO Soal Kekebalan Orang Sembuh dari Corona

Banyak penelitian menemukan bahwa ada makanan tertentu yang dapat meningkatkan dan memperkuat kekebalan tubuh, contohnya seperti lima jenis makanan ini nih:

1. Brokoli

Brokoli juga kaya vitamin C dan mengandung vitamin E serta antioksidan yang dapat membantu melawan bakteri dan virus.

Setengah cangkir brokoli mengandung 43% dari nilai vitamin C harian, menurut NIH.

"Brokoli dikemas dengan phytochemical dan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh kita," kata Sarin.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sayuran ini, makanlah mentah atau hanya dimasak sedikit.

2. Buncis

Buncis mengandung banyak protein, serta nutrisi penting yang terbuat dari asam amino yang membantu menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, buncis bagus dalam mensintesis dan memelihara enzim untuk menjaga sistem agar berfungsi dengan baik.

"Buncis juga dikemas dengan seng, yang membantu sistem kekebalan tubuh mengendalikan dan mengatur respons kekebalan tubuh," ujar Emily Wunder, ahli gizi dan pendiri situs resep bergizi Healthyier Taste.

Baca Juga: Nggak Perlu Mikir, Ini Trik Membuat Kesimpulan Makalah Otomatis!

3. Stroberi

Lebih lanjut, Wunder mengatakan setengah cangkir stroberi sudah dapat memenuhi 50% dari kebutuhan vitamin C manusia per hari.

Wunder merekomendasikan menambahkan stroberi cincang ke yoghurt, oatmeal atau dikonsumsi dengan roti gandum dan selai kacang.

freepik

Stroberi memiliki efek yang besar bagi kesehatan dan bisa mencegah berbagai penyakit.

"Tentu saja, mereka cocok dengan smoothie juga," ujarnya.

"Vitamin C sangat bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh," katanya, menambahkan stroberi dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat polusi dan radikal bebas dalam lingkungan.

4. Jamur

Sebuah tinjauan 2018 tentang jamur sebagai sumber vitamin D menemukan bahwa "vitamin sinar matahari" dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium, yang baik untuk kesehatan tulang dan juga dapat melindungi beberapa kanker dan penyakit pernapasan.

"Meskipun paparan sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik, itu juga dapat disediakan oleh beberapa makanan, termasuk jamur," kata Wunder.

Dia merekomendasikan untuk memanggang jamur dengan 350 derajat Fahrenheit, menggunakan satu hingga dua sendok makan minyak, bawang putih cincang dan sedikit garam dan merica.

5. Yoghurt

"Yogurt adalah sumber probiotik yang bagus, yang merupakan bakteri baik yang dapat membantu mempromosikan usus dan sistem kekebalan tubuh yang sehat," kata Sarin.

Studi baru-baru ini juga menemukan probiotik efektif untuk melawan flu biasa dan infeksi saluran pernapasan seperti influenza.

Sarin merekomendasikan untuk memilih yoghurt tawar, daripada yang memiliki rasa dan menambahkannya dengan buah dan madu. (*)

Artikel ini merupakan penggalan dari artikel asli di GridHealth berjudul9 Jenis Makanan Ini Jadi Sumber Imunitas Alami Hadapi Virus Corona

Editor : Al Sobry

Sumber : GridHEALTH TALK

Baca Lainnya