Anti Ganggu, Ini 4 Tips Gunakan WhatsApp untuk Menjaga Produktifitas Saat WFH

Minggu, 19 April 2020 | 18:55
PIXABAY/WEBSTER2703

Ilustrasi WhatsApp

HAI-ONLINE.COM - Di tengah pandemi yang mengerikan ini, salah satu cara untuk bertahan hidup adalah dengan bekerja di rumah.

Selama kerja di rumah, pasti kita melibatkan banyak aplikasi untuk membantu pekerjaan atau tugas, salah satunya adalah WhatsApp.

WhatsApp sebagai salah satu apliaksi tersebut mengatakan masyarakat Indonesia mulai terbiasa untuk menerapkan cara baru dalam berkomunikasi dengan rekan kerja, keluarga dan orang-orang terdekat, sebagaimana HAI rangkum dari NexTren.

Baca Juga: Trik Jitu Berburu Es Krim Legendaris Viennetta adalah Jangan Malu Buka Lemari Es Minimarket Sampe ke Dalemnya

Perubahan situasi ini juga membuat WhatsApp dikalim semakin bisa diandalkan dalam menghapus jarak dan membangun kedekatan.

Namun, hal ini bisa menyebabkan para pengguna menatap layar terus menerus.

Bagi sebagian orang yang baru mengenak konsep Work Form Home, menatap layar terus menerus bisa membuat mereka jenuh. Oleh karena itu, menggunakan alat komunikasi yang efektif adalah kuncinya.

WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan memberikan tips mudah yang bisa kamu gunakan di rumah agar tetap produktif.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Belajar dari Rumah di TVRI SD-SMA, Senin 20 April 2020

1. Tandai pesan penting

Tips yang pertama ialah tandai pesan dengan fitur bintang, beberapa pekerjaan selama WFH biasanya sering mengirim sebuah data.

Fitur bintang yang bisa dilihat dengan mengklik lama sebuah pesan, dapat membantu dokumen tersebut cepat ditemukan.

Pesan dengan tanda bintang bisa ditemukan pada menu titik tiga vertikal, dan pengguna bisa mengklik pesan berbintang.

2. Bisukan notifikasi

Adapun yang kedua ialah sesuaikan notifikasi, bisukan bila perlu.

Pengguna mungkin sering mendapat notifikasi yang nggak penting saat sedang rapat online atau video call soal pekerjaan.

Agar bisa fokus saat melakukan video call, WhatsApp menyarankan pengguna dapat menyesuaikan notifikasi, sehingga bisa mengetahui notifikasi mana yang berasal dari bos, kolega, atau grup WhatsApp kantor.

Baca Juga: Nggak Perlu Mikir, Ini Trik Membuat Kesimpulan Makalah Otomatis!

Untuk mengustomisasi notifikasi, pertama buka chat yang ingin disesuaikan, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, ketuk Notifikasi khusus dan kemudian centang Gunakan notifikasi khusus.

Jika pengguna membutuhkan konsentrasi dan fokus yang lebih besar saat bekerja, mereka bisa membisukan notifikasi dengan membuka chat individual atau grup, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, dan ketuk Bisukan notifikasi.

Pilih jangka waktu yang pengguna inginkan untuk membisukan notifikasi, lalu ketuk OK.

3. Sematkan obrolan

Agar pengguna nggak repot untuk mencari grup kerja di aplikasi WhatsApp, tips yang ketiga ialah sematkan obrolan.

Untuk menyematkan chat, bisa dilakukan dengan cara mengklik lama obrolan grup tanpa dibuka, dan setelah itu terlihat ikon pin, maka klik ikon tersebut.

Maka grup kerja akan berada di posisi paling atasm sehingga mudah dicari.

4. Panggilan grup

Tips yang kelima atau terakhir dari WhatsApp ialah setelah selesai bekerja, pengguna bisa menggunakan fitur-fitur lainnya untuk menghubungi teman, keluarga atau pacar.

Pada fitur panggilan suara, pengguna dapat menggunakan panggilan grup sebanyak 4 orang termasuk pengguna.

Dengan fitur tersebut pengguna bisa berkumpul walaupun social distancing atau penerapan di rumah saja belum berakhir. (*)

Artikel ini pertama kali tayang di NexTren dengan judul "5 Tips Memakai WhatsApp Saat Kerja Dari Rumah di Tengah Pandemi"

Editor : Al Sobry

Sumber : NexTren

Baca Lainnya