Viral! Cairan Antiseptik Dijadikan Humidifier, Ini Bahayanya Buat Kesehatan!

By None, Selasa, 14 April 2020 | 19:15 WIB
Humidifier (today.com)

CewekBanget.ID - Siapa sih yang mau kena virus Corona?

Gara-gara hal tersebut, kita jadi makin menjaga kesehatan dan kebersihan, salah satunya adalah dengan membeli disinfektan.

Banyak orang yang akhirnya membeli cairan atau sabun antiseptik sebagai pengganti disinfektan. 

Baca Juga: Rewatch 4 Film Hollywood 2019 Terpopuler Buat Isi #WaktuBerkualitas!

Mirisnya, ternyata ada seorang beauty vlogger yang sengaja mencampurkan cairan antiseptik ke pelembap udara atau air humidifier, lho!

Dikutip dari Grid Health, beauty vlogger lewat video TikTok berjudul "Anti-Coronavirus" menunjukkan caranya mencampurkan 1 botol air mineral kemasan dalam cairan antiseptik.

Setelah itu, campuran tersebut dimasukkan ke dalam tabung air humidifier, sehingga dapat melembapkan udara dan menetralisir virus yang berterbangan di udara.

Masalahnya, di dalam cairan antiseptik ternyata ada kandungan zat aktif chloroxylenol yang dapat membahayakan saluran pernapasan kita!

Dilansir dari drugs.com, kandungan chloroxylenol adalah bahan kimia yang biasanya pada sabun untuk mencuci tangan dan mencuci piring.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan! Ini 4 Penyebab Puting Payudara Terasa Gatal

Dengan kata lain, ketika beauty vlogger tersebut memakai cairan antiseptik untuk air humidifiersama aja bisa sangat mengganggu kesehatan tubuh, seperti:

- Gangguan irama jantung - Akumulasi cairan di jaringan kelopak mata- Penurunan fungsi paru- Kantuk- Sakit kepala- Tekanan darah rendah- Kegagalan paru-paru menyebabkan kehilangan napas- Methemoglobinemia, suatu jenis gangguan darah- Tremor otot- Kejang- Detak jantung lambat- Ketidaksadaran (pingsan).

Jadi, jangan coba-coba menggunakan cairan antiseptik sebagai cairan air humidifier kita, ya. Bukannya sehat, kita bisa keracunan dan sebabkan kematian dini!