Musisi Mudik Malah Jadi ODP COVID-19, Ini Pengalaman Nyata Vokalis Lyla Band Pulang ke Kampung

Rabu, 08 April 2020 | 15:01

Musisi Mudik Malah Jadi ODP COVID-19, Ini Pengalaman Nyata Vokalis Lyla Band Pulang ke Kampung

HAI-Online.com-Vokalis baru grup band Lyla, Ario Setiawan, menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona atau Covid-19.
Hal itu terjadi karena dirinya memutuskan untuk mudik ke kampung halaman meski melakukan perjalanan di tengah pandemi ini.
Nggak heran, statua ODP covid-19 disandang demi tak jadi salah paham bagi warga di kampung asalnya, Kalimantan Barat.
Baca Juga: Covidiot Terkenal Ini Jangan Sampe Ditiru, Dia Ubah Masker Jadi Bikini Seksi

"Iya kemarin mudik langsung (jadi) ODP," kata Ario Senin (6/4/2020) lalu.

Ario mengatakan, kampungnya terletak di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Dari Jakarta menuju kampungnya, Aryo merasa tubuhnya sehat-sehat saja.
Meski begitu, dia tetap harus mengikuti prosedur mudik di tengah waba corona ini, yaitu melewati serangkaian tes untuk mengecek kesehatannya agar tak jadi penyebab menyebarnya virus corona ke warga di kampungnya."Dari bandara di Jakarta, pemeriksaan ketat juga dari dokter bandara kemudian di bandara Pontianak di periksa lagi," jelas Ario membagikan pengalamannya
Sampai di Pontianak, Ario mesti menempuh perjalanan selama kurang lebih enam jam sebelum sampai di rumahnya di Kabupaten Sekadau.
Sepanjang perjalanan tersebut, Ario lagi-lagi kembali diperiksa kondisi kesehatannya usai berkontak dengan orang-orang di perjalanan.
Baca Juga: Viral Jalani Sidang Skripsi Online, Achmad Mustofa S.Pd Jadi Angkatan "Setiap wilayah yang kita lewatin ada pemeriksaan lagi," ungkap dia lagi dikutip dari medcom, Rabu (8/4/2020) siang.
Bahkan pemeriksaan kembali dilakukan ketika Ario tiba di kampung halaman. Dia juga diharuskan menjalani screening test virus korona.
Ario kemudian ditetapkan sebagai ODP lantaran pernah mengunjungi atau tinggal di redzone covid-19."Beruntung ketika di tes screening, nggak ada gejala seperti batuk, pilek, suhu panas tinggi. Kalau saya ada gejala, statusnya bisa naik ke Pasien Dalam pengawasan (PDP)," tutur Ario.Dari sana, Arioq kemudian dianjurkan mengisolasi diri secara mandiri selama dua pekan lamanya. Niat mengunjungi san dikunjungi keluarga di kampung halaman pun mesti tertunda, mengingat Ario belum boleh berkontak langsung dengan keluarganya semasa isolasi.
Buat kalian yang maksa mudik, harus disiplin jalani rangkaian seperti Ario ini karena kalo tidak, alias jadi covidiot maka siap-siap aja dilaporkan pihak RT RW. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya