Lagi-Lagi China Kecolongan, Gara-Gara Pemerintah Longgarkan Kebijakan Lockdown, 20.000 Warga Berbondong-bondong Wisata Naik Gunung Huangshan, Berdesakan Tak Karuan!

Senin, 06 April 2020 | 18:30
Twitter/@QiZHAM

Lagi-Lagi China Kecolongan, Gara-Gara Pemerintah Longgarkan Kebijakan Lockdown, 20.000 Warga Berbondong-bondong Wisata Naik Gunung Huangshan, Berdesakan Tak Karuan!

GridStar.ID - Lagi-lagi pemerintah China kecolongan usai melonggarkan imbauan lockdown.

Bagaimana tidak, sebanyak 20.000 warganya berbondong-bondong mendaki gunung di Huangshan, Provinsi Anhui, China Timur.

Diketahui pegunungan di bagian timur ini memang cukup populer sebagai destinasi wisata.

Baca Juga: Sister Drama, Usai Bikin Geram Warga Perumahan Syuting di Tengah Pandemi Corona, Ria Ricis Emosi Tak Terima Teguran Oki Setiana Dewi hingga Nekat Left Grup Chat Keluarga: Mbak Nggak Ada Basa-basinya!

Akibatnya, karena banyaknya massa yang datang ke tempat itu, jalur menuju pegunugan tersebut akhirnya ditutup.

Seperti dikutip dari South China Morning Post, (06/04), sebelumnya pada Hari Sabtu (04/04) pemerintah Provinsi Anhui telah menawarkan tiket masuk gratis ke 29 situs di provinsi itu termasuk Huangshan untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Pengunjung diminta untuk menunjukkan status kesehatannya pada aplikasi, memakai masker bedah dan diukur suhu tubuhnya sebelum masuk.

Baca Juga: Dikira Hanya Menginfeksi Manusia, Nadia Jadi Harimau Pertama di Dunia yang Tertular Virus Corona, Pejabat Kebun Binatang Akui Tak Bisa Percaya dengan Kenyataan

Akan tetapi, pada Hari Minggu pengunjung membludak.

Pihak berwenang taman akhirnya memutuskan untuk menutup tempat itu karena pengunjung telah mencapai batas harian sebanyak 20.000 orang.

Pihak berwenang juga meminta agar orang-orang mengunjungi tempat itu lain waktu atau mengunjungi situs yang lainnya.

Berbagai gambar tentang padatnya pegunungan itu dibagikan oleh netizen melalui platform media sosial Weibo.

Baca Juga: Virus Corona Cepat Mewabah ke Seluruh Dunia padahal Sudah Social Distancing, Ternyata Penelitian Terbaru Meyakini Covid-19 Bisa Menyebar hingga 8 Meter!

"Pariwisata dan industri terkait telah terpukul keras. Tapi epidemi belum berakhir. Jika Anda harus membuka situs, Anda harus membatasi arus (turis), dan pengunjung dari luar," komentar salah seorang pengguna.

Seorang netizen juga mengunggah keramaian itu di akun Twitter.

“Orang-orang memadati Huangshan (Yellow Mountain), jajaran bergerigi lebih dari 70 puncak seperti pisau di provinsi Anhui, China timur, setelah larangan karantina dicabut di sebagian besar wilayah China #CoronavirusPandemic,” tuis seorang netizen @QiZHAI.

Baca Juga: Virus Corona Diprediksi BIN Meningkat Bulan Juni, PBNU Beri Himbauan Salat Tarawih dan Idul Fitri di Rumah, Netizen Pilu Jalani Ramadhan Tak Seperti Biasa: Semoga Ada Mukjizat!

Anhui merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Hubei, lokasi awal wabah virus corona dilaporkan menyebar.

Pada 27 Februari Anhui terakhir melaporkan total kasus sebanyak 990 kasus Covid-19 termasuk 6 kematian.

Sektor pariwisata China termasuk yang terpukul akibat wabah virus corona yang mulai terdeteksi sejak akhir Desember 2019.

Baca Juga: Ngaku Takut Kena Corona, Perempuan Ini Lempar Uang ke Penjual Duku karena Tak Mau Tangannya Tersentuh, Aksinya Viral Sampai Dihujat Netizen Awalnya Ngaku Settingan, Begini Akhirnya

Tempat wisata populer di Shanghai termasuk Shanghai Oriental Pearl Tower dan Shanghai Jinmao Tower, pada minggu lalu terpaksa ditutup kembali berselang dua minggu dari awal ia dibuka kembali.

Dai Bin, presiden Akademi Pariwisata China, sebuah lembaga penelitian di bawah Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, memperkirakan bahwa hilangnya pendapatan tahunan dari pariwisata dapat mencapai 1,2 triliun yuan atau setara 169 miliar dollar AS tahun ini. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gunung di China Dipadati 20.000 Pengunjung Usai Lockdown Dilonggarkan

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kompas

Baca Lainnya