Terjadi Pada 1 April, 5 Kejadian Besar Ini Dikira Orang-orang Cuma Lelucon April Mop

Rabu, 01 April 2020 | 15:10
Hawaii News Now

Tsunami Hawaii

HAI-Online.com -Selama ini, orang meragukan keaslian berita yang muncul pada 1 April karena tanggal tersebut diperingatisebagai April Fool's Day atau lebih kita kenal dengan April Mop.

Sebagai contoh,pada 1 April 1988, surat kabar Izvestia menyebarkan berita yang menyebut Diego Maradona memilih untuk hengkang dari Napoli menuju Spartak Moskwa.

Padahal,transfer itu nggak pernah terjadi, meski akhirnya Maradona meninggalkan Napoli untuk bergabung bersama salah satu klub raksasa La Liga, Sevilla pada bursa transfer musim panas tahun 1991.

Banyaknya kabar palsu itu kemudian membuat orang-orang nggak mempercayai berita-berita yang muncul pada tanggal 1 April.

Baca Juga: Lagi Meeting Online sama Karyawan, Bos Ini Nggak Sengaja Ubah Dirinya Jadi Kentang

Bahkan, sejumlah kejadian-kejadian besar di dunia yang terjadi pada tanggal 1 April malah sempat dianggap mereka sebagai lelucon April Mop belaka.

Kira-kira, kejadian apa aja sih itu? Berikut HAI udah merangkum 5 kejadian besar pada tanggal 1 April yang dianggap banyak orang sebagai tipuan April Mop.

1. Hari Kemerdekaan Iran

Iran resmi mengumumkan hari kemerdekaan sebagai sebuah negara pada tanggal 1 April 1979, setelah melakukan revolusi yang dipimpin oleh Ayatollah Khoemeini.

Sayangnya, pengumuman soal hari kemerdekaan ini nggak dipercaya oleh warga Iran Sendiri karena jatuh pada tanggal 1 April, bahkan hingga 30 tahun setelahIran berdiri sebagai negara yang merdeka.

Baca Juga: Disuruh Belajar dari Rumah karena Corona, Pelajar di Kediri Malah Bikin Balapan Liar

2. Meninggalnya Marvin Gaye

GreenLight Rights

Marvin Gaye

Tanggal 1 April 1984, dunia permusikan dunia dikejutkan dengan kabar meninggalnya penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser musik asal Amerika Serikat, Marvin Gaye.

Menurut laporan, Marvin Gaye sendiri meninggal usai ditembak sang ayah beberapa saat setelah keduanya terlibat adu mulut.

Kabar itu pun langsung disambut oleh isak tangis para penggemar meskipun sebelumnya kabar tersebut sempat dikira sebagai lelucon April Mop.

3. Tsunami Hawaii

Hawaii News Now

Tsunami Hawaii

Pada 1 April 1946, Kepulauan Aleut, Alaska diguncang gempabumi yang menyebabkan dasar laut terangkat sehingga memicu beberapa gelombang tsunami lintas Pasifik dengan ketinggian 45-130 kaki, sebelum akhirnya menerjang wilayah Hawaii dan menewaskan lebih dari 170 orang.

Meskipun banyak menimbulkan korban jiwa dan merusak ribuan bangunan, bencana ini sempat dianggap orang-orang sebagai lelucon april mop karena terjadi pada tanggal 1 April.

Baca Juga: Anjing Pintar Ini Antarkan Belanjaan ke Tetangganya yang Lagi Karantina Mandiri

4. Gmail Dirilis Google

Salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google selama ini memang dikenal sering membuat lelucon-lelucon untuk memperingati April Mop yang jatuh setiap tanggal 1 April.

Imbasnya, perilisan sarana surel, Gmail yang dilangsungkan pada 1 April 25 tahun silam sempat dianggap sebagai bualan belaka oleh banyak orang.

Baca Juga: Untuk Pejuang Corona, SOHO Donasikan Produk Imboost Force Senilai Rp 1,5 Miliar

5. Enix Diakuisisi Square

Twitter / SquareEnix

Square Enix

Buat kamu yang selama ini berkecimpung di dunia game, pasti udah tahu kalau Square Enix dulu merupakan dua perusahaan video game asal Jepang yang saling bersaing satu sama lain, sebelum akhirnya bersatu pada 1 April 2003.

Namun, karena persaingan yang terjadi sebelumnya, berita mengenai bersatunya Square dan juga Enix sempat dianggap sebagai tipuan April Mop karena terjadi pada tanggal 1 April.

Hmm bahaya juga nih berita beneran sampai dikira April Mop!Kalau kalian sendiri gimana nih sob, udah ketipu sama kabar apa aja nih selama ini? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya