Anjing-anjing Terlatih Ini Bisa Mendeteksi Orang dengan Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020 | 11:12
Medical Detection Dogs

Anjing-anjing yang dilatih oleh Medical Detection Dogs

HAI-online.com -Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, seluruh manusia membutuhkan setiap bantuan kecil yang ada. Namun siapa sangka, hewan sahabat manusia satu ini ternyata juga bisa memberikan bantuan.

Mereka adalah anjing-anjing di Medical Detection Dogs, sebuah gerakan amal yang telah bertahun-tahun meneliti kemampuan anjing untuk mencium dan mendeteksi penyakit.

Sebelumnya, badan amal yang bekerja sama dengan London School of Hygiene dan Tropical Medicine (LSHTM) dan Universitas Durham tersebut, telah berhasil membuktikan bahwa anjing dapat dilatih untuk mendeteksi malaria.

Tim ini kemudian bekerja sama lagi untukmemberikan pelatihan selama enam minggu sehingga anjing-anjing inibisa ikut membantudalam mendeteksi Covid 19.

Baca Juga: Nggak Cuma Cegah Penyebaran Virus Corona, Isolasi Bikin Polusi di Kota-kota Besar Dunia Menurun

Anjing yang sudah dilatih itu akan bisa mendeteksi bau virus serta perubahan halus dalam suhu tubuh manusia.

CEO Medical Detection Dogs, Dr Claire Guest dalam pernyataan yang dipublikasikan di situs resmi mereka menjelaskan:

“Pada prinsipnya, kami yakin anjing dapat mendeteksi COVID-19. Kami sekarang mencari cara bagaimana kami dapat dengan aman menangkap bau virus dari pasien dan menunjukkannya kepada anjing.

Tujuannya agar anjing bisa memeriksa siapa pun, termasuk mereka yang tidak menunjukkan gejala dan memberi tahu kami apakah mereka perlu diuji.

Baca Juga: Antartika Jadi Satu-satunya Benua yang Nggak Kena Dampak Virus Corona

Medical Detection Dogs

Anjing yang dilatih oleh Medical Detection Dogs

Ini akan cepat, efektif dan non-invasif dan memastikan sumber daya pengujian NHS terbatas hanya digunakan di mana mereka benar-benar diperlukan."

Deteksi dini tentu akan sangat membantu dan semoga nantinya hewan-hewan berbulu ini juga bisa ikut ambil bagian dalam membantu meringankan wabah Covid-19 ini.

Editor : Al Sobry

Sumber : World of Buzz

Baca Lainnya