Dari Metallica Sampai Arctic Monkeys, 5 Band Beken Ini Pernah Dikenal Dengan Nama Berbeda

Sabtu, 21 Maret 2020 | 19:00
Zackery Michael

Arctic Monkeys by Zackery Michael

HAI-Online.com - Banyak band populer dunia yang tentunya melekat di hati dan ingatan para fans oleh karena namanya.

Namun, ternyata ada masa ketika beberapa para band populer itu mengganti nama untuk alasan tertentu, bisa karena masalah copyright atau hanya ingin memberi kejutan ke fans dalam sebuah gigs rahasia.

Hal tersebut pernah dilakukan oleh Metallica, yang pada gig tahun 1995 silam, mengganti namanya menjadi "The Lemmys" untuk memperingati ultah ke-58 dari panutan mereka bermusik, yakni vokalis Motorhead, Lemmy Killmister.

Meski nama merka pernah dipakai untuk bikin band fiktif oleh Metallica, Motorhead sendiri ternyata pernah melakukan hal serupa dengan mengganti nama menjadi "Iron Fist And The Hordes From Hell" pada tahun 70an dulu.

Hal tersebut dilakukan oleh Motorhead untuk beberapa saat karena adanya sengketa kontrak yang mengharuskan Motorhead mengganti namanya sementara.

Nah, ternyata nggak cuma Metallica dan Motorhead aja yang pernah mengganti namanya untuk alasan tertentu.

Baca Juga: Merchandise Terbaru Arctic Monkeys Disebut Netizen Indonesia Kayak Kaos Pasar Malem, Tapi Tetep Aja Sold Out

Berikut HAI kasih tahu 5 band populer lain yang pernah melalukan hal serupa. Namanya pun tentu kalian nggak asing.

1. Arctic Monkeys (The Death Ramps)Arctic Monkeys pernah menggunakan alias "The Death Ramps" dalam sejumlah gigs-nya. Nama tersebut merupakan inspirasi yang didapat vokalis Alex Turner dari kenangan masa kecilnya.

2. Bring Me The Horizon (An Invitation To Salvation)BMTH diketahui pernah mengisi line-up band di Reading dan Leeds Festival 2018 tahu tanpa banyak orang yang tahu. Pasalnya, BMTH terdaftar di line-up artist dengan nama "An Invitaition To Salvation" dengan maksud memberi kejutan ke para fans Inggris setelah lama nggak manggung live di sana.

3. A Day To Remember (Band Of Birds)

Pada 2015 lalu, band post-hardcore ini pernah menghimpun sebanyak 200 penonton dalam sebuah show ekslusif untuk menandai kepulangan mereka ke kampung halaman di Ocala, Florida. Bukan sebagai A Day To Remember, mereka pun tampil ke hadapan fans dengan nama 'Band Of Birds'.

4. All Time Low (Young Renegades)Pada 2017 lalu, All Time Low mempromosikan gig dari band koleganya yang bernama Young Renegades. Namun ternyata, Young Renegades bukan band sungguhan, melainkan akal-akalan All Time Low untuk mengejutkan para fans di sebuah gig rahasia yang mereka adakan.

5. Fall Out Boy (Saved Latin)Band emo ini pernah melakukan sejumlah gig rahasia dan tampil dengan nama Saved Latin. Nama itu diambil dari kalimat yang diucapkan dalam sebuah film yang kemudian menjadi inspirasi Peter Wentz dkk. untuk mengganti namanya sementara.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya