Ini Dia Steak Pertama di Dunia yang Dibuat dengan 3D-Printer, Bahannya Bukan Daging Hewan

Selasa, 10 Maret 2020 | 21:05
NovaMeat

Steak Vegan Pertama di Dunia yang Dibuat dengan 3D-Printer

HAI-online.com -Perusahaan startup asal Spanyol bernama NovaMeat mengklaim telah menciptakan steak daging sapi berbasis tanaman pertama di dunia yangdibuat menggunakan teknologi 3D-printer.

Steak ini disebutmemiliki tekstur dan penampilan yang sama dengan potongan daging sapi sesungguhnya.

Perusahaan yang berbasis di Barcelona ini dikabarkanbisa menciptakan ini dengan "menyelaraskan" struktur protein nabati pada tingkat mikroskopis.

Daging nabati baruini nggak cuma miripdengan tekstur unik steak daging sapi, tapi juga warnanya, yang membuatnya lebih menarik sebagai alternatif pangan berkelanjutandari steak daging sapi asli.

Baca Juga: Kudu Teliti, 10 Foto Ini Ajarkan agar Lebih Berhati-hati saat Beli Barang secara Online

“... Akumenemukan cara untuk meretas struktur matriks 3D asli dari berbagai protein nabati untuk mencapai tekstur daging,” ujar Dr. Giuseppe Scionti pendiriNovaMeat seperti dikutip dari Oddity Central.

NovaMeat

Cetakan 3D daging dari NovaMeat

Memang sebelumnya telah ada sejumlah perusahaan yang fokus pada alternatif nabati sepertiBeyond Meat danImpossible Foods.

Namun, NovaMeat menjadi satu-satunya yang membuatalternatif nabati dari 3D-printer dengan bentuk menyerupai daging asli, baik sapi, salmon dan babi.

Pada tahun 2018, NovaMeat telah menciptakan apa yang kemudian disebut sebagai steak sapi tanpa daging 3D-print pertama di dunia.

Baca Juga: Usil Banget Sih! Sembari Nunggu Pesawat Dibolehin Mendarat, Pilot Ini Gambar Kemaluan di Langit

Namun, versi 2.0 yang baru-baru ini dipamerkan, memperlihatkan penampilan dan tekstur yangsesuai dengan keinginan para pecinta daging.

Perusahaanini sendiri memiliki tujuanuntuk membuat steak nabati yang terlihat, terasa dan memiliki nilai gizi yang sama dengan daging asli.

Mereka berencana untuk mulai memasarkan "daging" tersebut d tahun ini dan menjual mesin pembuatnya tahun depan. Diharapkan dengan semakin berkembangnya software, maka jenis daging yang bisa dibuat nanti bisa lebih banyak lagi.

Editor : Al Sobry

Sumber : Oddity Central

Baca Lainnya