Bukan Masker, Ini Cara Lebih Ampuh Cegah Corona Menjangkit Kita!

By Marcella Oktania, Rabu, 4 Maret 2020 | 13:10 WIB
Memakai masker untuk cegah Corona, perlu enggak sih? (intro2web.com)

CewekBanget.ID - Corona memang sudah resmi masuk di Indonesia sejak adanya dua orang yang dinyatakan positif Corona.

Namun, bukan berarti kita jadi takut dan panik, sampai-sampai harus membeli masker dengan harga mahal dan memborong semua bahan kebutuhan pangan, girls.

Sebenarnya, masker sendiri enggak bisa melindungi kita dari Corona, lho!

Yuk cari tahu faktanya di bawah ini dan ketahui juga apa cara yang lebih ampuh buat cegah Corona biar enggak menjangkit kita!

Baca Juga: 5 Konser / Fanmeeting di Indonesia yang Ditunda karena Corona. Stay Safe!

Masker enggak bisa cegah Corona

Sebelum takut dan gelapagan cari masker yang harganya sudah selangit, kita harus tahu dulu nih fungsi masker sebenarnya yang ternyata enggak bisa mencegah Corona dan virus apapun.

Menurut fungsinya, masker sendiri dibuat untuk mencegah kotoran, air liur, hingga kuman yang keluar dari mulut seseorang biar enggak mengenai orang lain.

Makanya biasanya kita melihat dokter menggunakan masker khusus saat operasi, biar air liurnya enggak mengontaminasi alat-alat dan benda operasi lainnya yang sudah disterilkan.

Jadi, kalau pasien batuk, pasien tetap berpotensi menularkannya ke orang lain, termasuk ke dokter walaupun dokter sudah memakai masker. Pasien tersebut cuma bisa mencegah penularan  kalau dia menggunakan masker, nih.

Kalaupun ingin dibuat sebagai penghalau virus, masker sebenarnya hanya terbuat dari bahan yang tipis, lho. Dengan kata lain, virus tersebut kalau terkena bagian tubuh yang enggak terkena masker juga bisa bersarang dan bertumbuh di tubuh kita, girls!

Masker N95 dan masker biasa

Masker N95 sekarang harganya sudah masuk jutaan, sedangkan harga masker biasa yang berwarna biru atau hijau sudah ratusan ribu.